Menginap Semalam di Baduy; Wisata Kampung Adat
Published :

A
da beberapa catatan dengan versi yang berbeda-beda mengenai bagaimana asal mula adanya Suku Baduy. Siapa yang tidak mengenal suku ini, dengan berbagai keunikan yang dimilikinya, Suku Baduy memiliki daya tarik yang luar biasa. Pernahkah anda berpikir untuk merasakan kehidupan mereka?

JSebuah kelompok masyarakat yang memegang teguh aturan dari leluhurnya dan patuh terhadap alam membuat siapa saja yang datang berwisata ke suku ini akan merasa takjub. Suku Baduy adalah salah satu suku asli yang berada di Provinsi Banten.

Baik masyarakat Baduy Luar maupun Baduy Dalam sama-sama membatasi diri untuk bercakap-cakap dengan orang luar, misalnya wisatawan dan pemandu wisata. Mereka hanya akan bicara kalau terpaksa, itu pun dilakukan seperlunya saja.

Kesan tertutup memang terasa sekali di Desa Cibeo. Pembatasan tersebut dilakukan karena masyarakat Suku Baduy mempercayai bahwa kehidupan orang luar dapat ‘mencelakakan’ kelangsungan hidup anak cucu mereka.

Masyarakat suku Baduy tidak menggunakan alat transportasi modern, misalnya sepeda kayuh, sepeda motor, apalagi mobil. Mereka juga tidak memakai alat-alat elektronik, tidak menggunakan energi listrik, mandi di sungai, dan hanya memakai pakaian hasil tenunan warga Baduy sendiri. Hal ini akan mengingatkan kita pada wisata adat kampung Bena di Nusa Tenggara Timur (NTT) dimana sifat primitif masih kental sekali.

Oleh karena itu, bila Anda berniat menghabiskan waktu berkunjung ke Kampung Adat Baduy di Desa Cibeo, siapkan diri untuk menjalani kehidupan secara alami tanpa bantuan alat komunikasi dan segala kemudahan lainnya.

Siapkan pula jaket tebal, sleeping bag, sepatu mendaki, senter, dan isi penuh baterai hand phone sebelum berangkat ke Desa Cibeo. Kehidupan alam juga mengharuskan setiap wisatawan tidur beralaskan bambu di tengah udara pegunungan yang sangat dingin.

Masyarakat yang berada di Baduy Dalam tentu berbeda dengan Baduy Luar. Maka dalam berperilaku pun harap berhati-hati jika sedang bertemu dengan orang-orang Baduy Dalam. Begitulah wisata adat kampung Baduy yang cukup dikenal.

Wisatawan akan dipuaskan dengan gaya hidup yang berubah terbalik dari keseharian yang modern sebelumnya. Jika anda ingin berkunjung, patuhi segala aturan yang telah diterapkan berpuluh tahun di suku tersebut.

Termasuk dalam hal ini, fasilitas yang akan wisatawan dapatkan mulai dari tempat istirahat, makanan, toilet, sampai pada pakaian yang dikenakan oleh pengunjung.

Bermalam di Suku Baduy maka wisatawan juga dapat merasakan bagaimana cara mencintai alam yang diyakini Suku Baduy, sehingga setelah datang berkunjung untuk wisata ke tempat ini diharapkan siapa saja akan merasa refresh lagi dari kepenatan sehari-hari di kota.

Pengunjung juga diharapkan mendapat pengalaman juga pengetahuan baru sebagai bekal untuk kehidupan selanjutnya. Berwisata adat merupakan satu dari sekian cara berwisata yang sangat bermanfaat, sehingga datang dan nikmati pesona Suku Baduy.

Rute Menuju Kampung Baduy

Untuk dapat sampai ke tempat Suku Baduy ini, pengunjung diberikan alternative transportasi seperti perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta menuju stasiun Rangkasbitung.

Sesampai di Rangkasbitung, wisatawan lanjut naik angkot menuju terminal Aweh. Kalau sudah sampai terminal Aweh, kita lanjutkan lagi perjalanan menuju terminal Ciboleger dengan kendaraan elf. Nah, di Ciboleger inilah Anda tinggal mencari pemandu wisata yang akan menuju ke Kampung Adat Suku Baduy di Desa Cibeo.

Mengapa backpacker yang liburan ke Desa Cibeo disarankan memakai jasa pemandu wisata? Alasan pertama, karena mereka lebih tahu medan wisata. Alasan kedua, karena ada beberapa aturan dan pantangan yang tidak boleh dilanggar selama wisatawan berkunjung ke Kampung Baduy di Rangkasbitung tersebut.

Ingat, kehidupan mereka bersifat mengisolasi diri dari dunia luar. Jangan sampai kita dapat masalah karena ketidakpahaman terhadap aturan yang ditetapkan oleh ketua adat suku Baduy.

Untuk itu, persiapkanlah mental juga fisik yang prima agar dapat maksimal menjelajahi wilayah suku ini, terutama siapkan fokus anda terhadap segala pantangan yang berlaku di sana.