Kupang Lontong, Kuliner Khas dari Sidoardjo
Published :

S
urabaya punya Lontong Balap, Lamongan punya Soto Ayam, Gresik punya Nasi Krawu, maka Sidoradjo punya Kupang Lontong, begitu lah yang tertulis dalam buku Sidoardjo Tempoe Doeloe untuk mematenkan kuliner ini sebagai milik mereka.

Kupang (Corbula faba) adalah hewan laut jenis kerang atau tiram yang berukuran kecil. Kupang lontong, atau Lontong Kupang ini memang kebanyakan orang akan mengira berasal dari Surabaya, Malang, atau Gresik—ada juga yang menyebutnya dari Pasuruan.

Tapi dapat dipastikan Kupang Lontong itu asalnya dari Sidoardjo. Di Buduran, Sidoarjo bahkan ada sentra kupang (Bursa Kupang) dengan berbagai hasil olahannya.

Kupang Lontong keberadaannya sudah sangat lama di Kota Petis ini. Kalo toh ada Kupang Lontong di Berbagai tempat lain di Jawa Timur, pasti yang jualannya WongSidoardjo. Kalo bukan, yang kembali lagi ke Petis. Kupang Lontong salah satu bahan dasarnya selain kupang ternyata adalah Petis.

Saat akan menyantap Kupang Lontong, Aroma daun jeruk yang khas serta wangi bawang putih yang kuat adalah kesan pertama yang bakal anda dapatkan. Tak ketinggalan aroma petisnya yang juga mantap. Rasanya? manis, segar, dan gurih yang luar biasa.

Kupang Lontong enaknya dimakan pada siang hari sambil ditemani segelas es kelapa muda (degan) dan sate kerang. Konon es kepala muda itu dapat menetralisir apabila Anda mempunyai alergi atau perut anda kurang bersahabat dengan makanan yang satu ini.

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa kupang mengandung zat besi, protein dan zinc yang cukup tinggi. Zat besi diperlukan tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah,zinc adalah komponen penting metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, Kupang mengandung asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia; asam dokoheksanoat (dha), asam linoleat, dan eikosapentanoat.

Kupang juga menghasilkan asam amino esensial. Kupang putih maupun kupang merah memiliki 17 asam amino, 10 di antaranya diperlukan untuk tubuh manusia. Asam amino esensial ini tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan sehari-hari.