Plitvice Lakes; Warisan Dunia dari Kroasi
Published :

K
eindahan Taman Nasional terletak pada danau yang saling terkoneksi lalu membentuk serangkaian air terjun. Selain itu, di dalam taman nasional ini terdapat hutan yang dihuni oleh berbagai fauna seperti rusa, beruang, serigala, babi hutan dan spesies burung langka.

Plitvice Lakes National Park ini memiliki total luas 300 kilometer persegi, sedangkan luas danau-nya jika digabungkan memiliki panjang yang lebih dari 8 kilometer.

Taman ini buka setiap hari sepanjang tahun, dengan lama jam buka selama musim panas (biasanya 07:00-20:00). Ada biaya masuk yang bertindak sebagai kontribusi terhadap pemeliharaan dan perlindungan Taman Nasional ini.

Terdapat biaya masuk yang berbeda pada bulan-bulan tertentu, seperti berikut; biaya masuk untuk orang dewasa itu 55 Kuna atau sekitar Rp.110.000 yang berlaku pada bulan Januari hingga Maret dan pada bulan November dan Desember.

Kemudian 110 Kuna atau sekitar Rp.220.000 selama April-Juni dan September dan Oktober. Lalu, 180 Kuna atau sekitar Rp.351.000 pada bulan Juli dan Agustus.

Anak-anak berusia 7 tahun sampai 18 tahun memiliki tiket yang lebih murah, sementara anak-anak di bawah usia tujuh tahun gratis.
Harga tiket untuk siswa mendapatkan potongan, dan kelompok yang terdiri dari 15 orang atau lebih (baik orang dewasa, siswa atau anak-anak) juga bisa mendapatkan potongan harga.

Mengunjungi Plitvice Lakes

Taman nasional ini telah memetakan beberapa rute mendaki dengan panel instruktif menjelaskan habitat.

Anda dapat mencoba rute jalan yang mengarah ke puncak Medvedak timur distrik danau. Atau pun Jalan mengarah dari Entrance 1 ke Entrance 2 dengan pemandangan danau yang tak terlupakan.

Jalur lainnya dapat dilakukan dengan mengeksplorasi hutan purba Corkova Uvala. Ada dua Jalur yang dapat ditempuh , jalur pertama dengan jarak 21 km dan jalur lainnya dengan jarak 9 km.

Untuk melalui jalur pendakian, Anda harus memiliki peralatan yang tepat dan persediaan air yang cukup untuk melakukan perjalanan tersebut, serta jangan lupa juga dilengkapi dengan peta jalur perjalanan yang bisa didapatkan di kantor taman nasional ini.

Ada beberapa jalur bersepeda di dalam dan di sekitar taman nasional yang berawal dari sungai Korana, naik melewati danau Kozjak dan mengitari danau Proscansko sebelum turun ke Ciginovac.

Di Taman nasional ini juga terdapat perahu dayung yang dapat disewa, tempat penyewaan-nya ada di mana kereta wisata berhenti (ST2) di tepi danau Kozjak dengan biaya sewa 50 Kuna/jam atau sekitar Rp.110.000/jam.