Hokkien Mee Hae; Mie Populer di Malaysia dan Singapura
Published :

H
okkien Mee Hae atau Hae mee (juga disebut prawn mee) adalah sup hidangan mie populer di Malaysia dan Singapura. Sup berbahan mie ini juga populer di pusat-pusat perkotaan lainnya di Semenanjung Malaysia.

Seperti namanya, hidangan lezat ini berasal dari Hokkien (Fujianese) kota maritim di Cina dengan rasa pedas khas dari daerah tropis yang hangat.

Hidangan ini berisi mie telur yang disajikan dengan sup berwarna kecokelatan dan rasa udang yang kaya, irisan daging babi, otak-otak ikan, dan tauge, lalu ditaburi dengan bawang goreng di atasnya.

Kuah sup yang khas dibuat menggunakan udang kering, lada putih, bawang putih dan rempah-rempah lainnya . Di daerah asalnya, lemak babi merupakan minyak yang umumnya ditambahkan ke dalam sup, tapi sekarang ini banyak yang mengganti lemak babi dengan minyak yang umum digunakan karena masalah kesehatan.

Hokkien Mee Hae juga tersedia dalam versi “kering” (tanpa sup), versi ini biasanya menggunakan penyedap mie dan topping dengan cuka, kecap, minyak dan cabai jika diinginkan. Prawn mee goreng juga biasanya disajikan dengan irisan cabai yang baru dipotong dengan saus kecap asin dan perasan lemon.

Apakah Anda ingin mencoba untuk memasak sendiri hidangan populer ini? Sesungguhnya makanan ini bukan hidangan yang sulit untuk membuat tetapi Anda membutuhkan waktu yang agak lama agar kaldu sup memiliki rasa yang sempurna.

Tampilan kaldu harus berwarna coklat gelap dengan kemilau genangan minyak merah yang berasal dari dari kerang dan udang. Untuk rasa yang sempurna dan kaya Anda juga harus berani dalam pemilihan udang, harus memilih udang yang gemuk dan segar.

Setelah pembuatan kaldu selesai, sisanya adalah tinggal menambahkan mie dan bahan pelengkap lainnya. Untuk hidangan ini, Anda juga dapat menambahkan telur setengah matang untuk topping jika Anda suka.