Sekilas Tentang Pakaian Nasional Brunei
Published :

P
akaian orang Melayu Brunei mirip dengan pakaian orang Melayu lain yang berada di Asia Tenggara, terdiri dari baju kurung dari bahan yang sama untuk wanita dan baju melayu untuk laki-laki dari bahan yang sama; terdiri dari blus dan celana dengan kain songket melilit pinggang dan dilengkapi dengan penutup kepala.

Pada kegiatan dan upacara yang sifatnya resmi, umumnya wanita menggunakan baju kurung dengan kain songket berbenang emas yang menunjukkan “kemewahannya”.

Sepasang Baju Kurung biasanya terdiri dari: Baju Kurung Sutera berlengan panjang, tanpa kerah, warna merah, dan memiliki bintik-bintik hitam.

Songket Suka Indra

Benang katun di-songket benang emas, dengan latar belakang warna hijau, motif segi empat diisi motif bunga dengan warna biru, merah, kuning.

Kepala songket bermotif tumpal dalam bentuk sulur daun. Digunakan sebagai pakaian resmi dalam kegiatan atau upacara yang bersifat resmi.

Songket Si Pungut

Benang katun di-songket dengan benang emas, latar belakang warna biru tua bergaris, biru muda. motif segi empat di isi motif bunga dengan bagian tengah hijau. Pinggiran kain bermotif bunga mawar.

Sarung Songket Air Mulih

Benang katun di-songket dengan benang emang pada latar belakang warna biru tua. Motif Air mulih biasanya hanya digunakan oleh kaum bangsawan.