almanak

Mosaik Berumur 1700 Tahun ditemukan di Israel

Arkeolog di Israel baru-baru ini memamerkan temuan mereka, Mosaik Era-Romawi yang digali di kota Israel, Lod, antara Juni dan November 2014 oleh tim arkeolog dari Otoritas Purbakala Israel.

PublishedNovember 22, 2015

byDgraft Outline

Penemuan tidak sengaja ini terungkap ketika mereka hendak membangunan pusat pengunjung yang dimaksudkan untuk menampilkan mosaik lain yang ditemukan dua dekade sebelumnya di lokasi yang sama.

“Villa yang kami temukan adalah bagian dari lingkungan rumah mewah yang berdiri di sini selama periode Romawi dan Bizantium (Byzantium),” kata Direktur Penggalian Amir Gorzalczany, dalam sebuah pernyataan.

Mosaik berumumur 1.700 tahun tersebut memiliki ukuran 10.9 x12.8 meter, adalah trotoar halaman sebuah villa. Mosaik menggambarkan berburu dan binatang buruan, ikan, bunga dalam keranjang, vas dan burung. “Kualitas gambar dalam mosaik menunjukkan kemampuan artistik sangat berkembang,” kata Gorzalczany.

Masyarakat akan memiliki kesempatan melihat mosaik untuk pertama kalinya minggu ini, menurut Otoritas Purbakala Israel.

Mosaik yang baru ditemukan ini jaraknya hanya beberapa kilometer dari yang pertama, yang diperkirakan merupakan ruang tamu vila. Mosaik yang pertama kali ditemukan sebelumnya telah dipamerkan di Museum Metropolitan di New York, Louvre di Paris, dan museum Hermitage di St Petersburg.

Saat ini mosaik sedang berada di Galeri Cini di Venice, Italia, dan dijadwalkan kembali ke Lod, Israel setelah pusat pengunjung untuk benda bersejarah itu selesai di Bangun.