Painted by Joseph Karl Stieler (1820)
Categories Almanac Tags ,

Ludwig Van Beethoven, Komponis Klasik Paling Iconic

Ludwig van Beethoven (1770-1827) adalah seorang komponis Jerman. Ia dikenal sebagai pianis dan salah satu komponis musik klasik yang paling terkenal di masa transisi antara era Klasik dan Romantic. Karya terbaiknya termasuk simfoni 9 diciptakan setelah ia menjadi hampir sepenuhnya tuli. Karya terkenal lainnya termasuk Sonata No. 14 (Moonlight Sonata), 5 Symphony, 6 Symphony, Bagatelle … Read more

Ludwig van Beethoven (1770-1827) adalah seorang komponis Jerman. Ia dikenal sebagai pianis dan salah satu komponis musik klasik yang paling terkenal di masa transisi antara era Klasik dan Romantic.

Karya terbaiknya termasuk simfoni 9 diciptakan setelah ia menjadi hampir sepenuhnya tuli. Karya terkenal lainnya termasuk Sonata No. 14 (Moonlight Sonata), 5 Symphony, 6 Symphony, Bagatelle No. 25 (Für Elise) dan Piano Concerto No 5 di E-flat utama, Op.73.

Ludwig van Beethoven lahir pada atau sekitar 16 Desember 1770 di kota Bonn di Cologne, sebuah wilayah kerajaan dari Kekaisaran Romawi. Ayah Beethoven mulai mengajarinya musik dengan ketelitian yang luar biasa, beberapa menggambarkan terlalu keras dalam mendidik anak.

Ludwig van Beethoven
Painted by Joseph Karl Stieler (1820)

Konon, Ayahnya memukulinya untuk setiap kesalahan yang ia lakukan. Setiap hari Beethoven dicambuk, terkunci di ruang bawah tanah dan dilarang tidur selama berjam-jam untuk latihan. Tapi terlepas dari atau karena metode kejam ayahnya, Beethoven adalah seorang musisi berbakat yang mempunyai imajinasi kreatif.

Pada tahun 1792, Beethoven memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya menuju Wina. Mozart telah meninggal setahun sebelumnya, Wina (Vienna) hanya punya Joseph Haydn.

Ia belajar piano dengan Haydn, komposisi vokal dengan Antonio Salieri dan counterpoint dengan Johann Albrechtsberger. Meski Belum dikenal sebagai komposer, Beethoven cepat membentuk reputasi sebagai pianis virtuoso yang sangat mahir improvisasi.

Beethoven membuat debut publik di Wina pada 29 Maret, 1795. Tak lama kemudian ia menerbitkan serangkaian tiga trio piano sebagai “Opus 1”. Setahun kemudian ia menunjukan Symphony No 1 in C mayor di Imperial Theater Kerajaan di Wina. Beethoven mulai dilihat sebagai komposer ahli yang mencapai kematangan musiknya.

Pada saat yang sama ia menulis karya-karya besar dan abadi, Beethoven berjuang untuk berdamai dengan fakta dia akan tuli. Meskipun hampir tuli, Beethoven terus menulis komposisi lagu.

Dari 1803-1812, ia menulis sebuah opera, enam simfoni, empat konserto solo, lima kuartet string, enam sonata string, tujuh sonata piano, lima set variasi piano, empat overtures, empat trios, dua sextets dan 72 lagu. Yang paling terkenal di antaranya adalah simfoni No. 3-8, “Moonlight Sonata,” “Kreutzer” biola sonata, Fidelio, dan opera.

Meskipun hidupnya penuh gejolak pribadi, kesengsaraan, kelemahan fisik, dan tuli”). sepenuhnya, Beethoven justru berhasil menggubah musik terbesarnya – mungkin musik terbesar yang pernah disusunnya – dekat akhir hidupnya. Missa Solemnis dan String Quartet No 14. Beethoven kemudian meninggal pada 26 Maret, 1827, pada usia 56 tahun.