Media Tulis dan Sejarah Media Penulisan Indonesia
Published :

Media tulis tertua yang dikenal orang di Nusantara adalah aksara pada prasasti batu dan logam yang berasal dari abad ke-5 M. Media Tulis terkadang berasal dari materi organik seperti daun palem, kayu, bambu, dan kulit kayu mungkin telah digunakan jauh sebelum itu, namun minimnya bukti media lain selain batu dikarenakan media lain yang digunakan jarang bertahan lebih dari beberapa abad di lingkungan tropis.

Penggunaan kertas dalam Media tulis di Indonesia yang semakin meluas, dihubungkan dengan lalu lintas perdagangan yang berkembang pada abad ke-13, media tulis pun berkembang, namun tidak meinggalkan cirikhas Nusantara, baik pada huruf maupun media yang telah ada sebelumnya.

Media Tulis Batu dan Logam

Contoh tertua tulisan yang masih ada di Indonesia terpahat pada prasasti monumental yang diukir pada batu. Tujuh tiang berukir, Yupa Kutai yang berukir huruf pallawa yang diketemukan dekat Kutai di Kalimantan Timur, dan diperkirakan berasal dari sekitar tahun 400 M, merupakan yang tertua dari semua peninggalan batu bertulis di Nusantara.