traveldraft

Cincau; Minuman Penyegar dan Menyehatkan

Cincau merupakan sejenis tanaman merambat (Cyclea barbata) yang daunnya dapat digunakan untuk membuat agar-agar. Di dalam kamus Perwadarmita (KUBI), cincau berasal dari bahasa Cina, yakni qingcao.

PublishedMarch 8, 2014

byDgraft Outline

Tanaman merembat ini, kita kenal sebagai bahan dasar dari olahan minuman segar seperti es cincau dan es campur. Hal ini didasarkan karena agar-agar yang terbuat dari daun ini memiliki rasa yang tawar. Sehingga sangat cocok untuk diolah bersama es dan air gula menjadi minuman yang menyegarkan.

Menurut Greshof, dalam artikelnya yang berjudul “ Chineesche Planten in verband met Nederlandsch-Indie Beschouwd ” pada tahun 1894 menyatakan, bahwa tanaman yang berasal dari cina ini masuk ke Nusantara pada abad ke-15. Paling tidak, seiring dengan masuknya tanaman teratai yang dikenal sejak zaman “hinduisasi”.

Selain sebagai bahan olahan minuman yang menyegarkan, ternyata memiliki ragam khasiat yang memukau. Karena bahan ini sangat kaya mineral terutama fosfor dan kalsium. Cincau juga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet karena cincau ini rendah kalori namun memiliki serat yang tinggi. Selain itu cincau juga dipercaya sebagai alternatif untuk meredakan panas dalam, demam, diare, perut kembung dan sembelit.

Daun cincau hijau juga mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida yaitu senyawa yang bermanfaat untuk mengendurkan atau melemaskan otot. Senyawa lainnya yang terkandung dalam daun cincau adalah isokandrodendrin yaitu senyawa yang dipercaya bisa mencegah munculnya sel tumor ganas.

Sedangkan seratnya bermanfat untuk “membersihkan” organ pencernaan dari zat penyebab kanker (karsinogen). Karena mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S.S-tetandrin yang berkhasiat dapat mencegah antiradang, kanker pada ginjal, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Maka tak heran jika cincau sedang menjadi perhatian para peneliti. Cincau hijau mengandung zat klorofil, yaitu zat yang memberi warna hijau pada daun.

Berbagai literatur menyebutkan bahwa klorofil adalah zat antioksidan, antiperadangan, dan juga sebagai antikanker. Maka tak ada salahnya, selama menunggu hasil penelitian yang lebih meyakinkan, kita menikmati kesegaran dari minuman yang terbilang sangat murah ini.

Kini sudah banyak yang menjual cincau (agar-agar cincau) dalam kemasan. Sehingga anda bisa membuat es cincau ini di rumah. Membuat minuman ini terhitung sangat mudah, beli saja cincau yang sudah jadi, karena tidak mudah membuat daun cincau menjadi agar-agar.

Pertama-tama siapkan bahan: 500 gram cincau hijau, keruk dengan sendok, dan 500 gram es serut. Kemudian siapkan bahan untuk membuat Kuah Santan: 600 ml santan dari 1 butir kelapa, 3 lembar daun pandan, simpulkan, 1/4 sendok teh garam. Cara membuat santan terbilang mudah; rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.

Langkah berikutnya adalah siapkan bahan sirup gula merah; 200 gram gula merah, 100 ml air, dan 1 lembar daun pandan. Cara membuatnya; rebus air hingga mendidih, masukkan gula merah, dan daun pandan. Aduk hingga kental, lalu angkat. Dan langkah terakhir; sajikan cincau hijau bersama kuah santan, es serut, dan sirup gula.