traveldraft

Mandala Wangsit Siliwangi, Warisan Nilai Kejuangan

Siliwangi adalah nama Raja Kerajaan Sunda-Pakuan Pajajaran, leluhur yang sangat dihormati oleh masyarakat Jawa Barat. Mandala Wangsit Siliwangi secara sederhana dapat dimaknai sebagai tempat menyimpan petuah atau nasihat dari leluhur. Nasihat untuk generasi penerus melalui benda-benda yang mereka tinggalkan.

PublishedNovember 29, 2015

byDgraft Outline

Museum Mandala Wangsit Siliwangi berada di Oude Hospital Weg (sekarang Jalan Lembong ), tepatnya di Jl. Lembong No. 38, Bandung. Secara etimologi, Mandala Wangsit dapat diartikan sebagai tempat menyimpan petuah atau nasihat.

Museum menempati areal seluas 4.176 m² dengan luas bangunannya sekitar 1.674 m². Bangunan museum dibangun pada awal abad ke-20. Setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan digunakan oleh pasukan Divisi Siliwangi sebagai markas Militer, Staf Kwartier Territorium III Divisi Siliwangi

16 tahun kemudian, tepatnya tanggal 23 Mei 1966 pihak Kodam Siliwangi menjadikannya sebagai wadah pelestarian dan pewarisan nilai-nilai kejuangan ’45 kepada generasi muda. Museum Mandala Wangsit Siliwangi diharapkan menjadi pengikat kesadaran generasi selanjutnya atas penghayatan terhadap sejarah perjuangan bangsanya. Peresmian museum dilakukan oleh Kolonel Ibrahim Adjie, Panglima Divisi Siliwangi waktu itu.

Museum kemudian direnovasi serta dibangun gedung baru yang memiliki dua lantai. Renovasi selesai pada tanggal 10 November 1980. Museum diresmikan untuk kedua kalinya, kali ini oleh Pangdam XV Siliwangi, Mayjen Yoga Sugama, sedangkan prasasti peresmiannya ditandatangani Presiden RI saat itu, Soeharto.

Koleksi Museum Mandala Wangsit Siliwangi meliputi benda-benda yang berhubungan dengan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, juga ada koleksi foto-foto, kendaraan, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Koleksi-koleksi tersebut—kecuali kendaraan yang sebagian besar berada di luar museum—dikelompokkan ke dalam beberapa ruangan yang juga menggambarkan tema atau menggambarkan situasi dalam periode tertentu: ruangan kerajaan, ruang pergerakan nasional Indonesia (sebelum kemerdekaan), ruangan setelah Proklamasi atau masa kemerdekaan, ruangan yang menggambarkan palagan Bandung, dan ruangan persenjataan lainnya.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi buka dari hari Senin sampai dengan Jumat. Senin-Kamis Museum dibuka untuk umum dari pukul 08.00-13.00 WIB dan pada hari Jumat buka pukul 08.00-11.00 WIB.