traveldraft

Makanan Paling Aneh dan Tidak Biasa di Dunia

Berkat restoran dan tempat-tempat makan lainnya, kini beberapa makanan paling aneh pun telah banyak dikenal dan disukai. Namun ada Pengcualian untuk beberapa makanan yang memang benar-benar tidak biasa.

PublishedDecember 9, 2015

byDgraft Outline

Setiap wilayah mempunyai makanan khas mereka sendiri dan perbedaan ini kerap membuat satu makanan menjadi “aneh” bagi mereka yang berasal dari wilayah yang berbeda.

Sebagian orang mungkin tetap menganggapnya aneh, lainnya menganggap sebenarnya lezat dan biasa saja. Tetapi ada diantaranya makanan yang benar-benar tidak biasa bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Berikut Makanan Paling ANeh itu:

Hormigas Culonas

Hidangan yang sangat renyah dan terlihat seperti kacang goreng. Hormigas Culonas benar-benar dianggap lezat di Kolombia dan banyak dijual di jalan-jalan atau di toko-toko tertentu. Tapi sebelumnya Anda harus tahu bahwa makanan ini berasal dari semut, benar-benar semut besar yang dipanggang.

Hormigas Culanos menjadi kebanggaan masyarakat lokal khususnya di Santander, Kolombia. Culonas cukup bergizi karena mengandung banyak protein dan rendah lemak. Jika Anda berani mencobanya, Anda harus siap untuk membayar cukup mahal untuk hidangan yang satu ini.

Sup Sarang Burung Walet

Termasuk ke dalam salah satu hidangan yang paling mahal di dunia. Sup sarang burung walet, seperti namanya, benar-benar terbuat dari sarang burung. Hidangan yang sangat mahal dan aneh ini dapat ditemukan di beberapa rumah makan Cina.

Sarang burung walet dibuat dari air liur walet jantan yang mengeras. Di beberapa tempat di wilayah Asia, sarang burung itu “dicuri” 3 kali dalam setahun dari gua-gua di pesisir pantai. Jika Anda hanya ingin membeli sarangnya saja, kurang lebih harganya mencapai 2.000-3.000 dolar per kilo.

Casu Marzu

Makanan ini sangat umum di beberapa daerah di Italia dan menjadi kebanggaan wilayah Sardinia. Casu Marzu adalah keju yang berasal dari susu domba yang telah mengalami fermentasi. Tidak ada yang Aneh jika sejauh itu informasi yang Anda dapat.

Apa yang membuat hidangan ini begitu berbeda dan tidak biasa adalah kenyataan bahwa keju fermentasi ini sengaja dijadikan tempat tinggal lalat dan belatung hidup. Casu Marzu adalah keju dengan lalat yang bertelur di dalamnya.

Tepa

Secara sederhana, Tepa pada dasarnya adalah fermentasi kepala ikan yang menyimpan kekayaan kuliner tradisional Alaska. Moto orang Alaska sepertinya “jangan ada bagian dari ikan yang terbuang”, hingga lahir lah Tepa.

Tepa umumnya berasal dari Kepala salmon yang dimasukkan ke dalam tas atau barel dan dikubur dalam lubang atau tanah kemudian dibiarkan mengalami fermentasi selama beberapa minggu. Makanan ini mungkin akan memberi Anda aroma yang tidak biasa sebagai hasil dari pembusukannya.

Fugu

Apa yang membuat hidangan ikan ini menjadi makanan paling aneh dan tidak biasa adalah fakta bahwa itu dapat membunuh orang yang memakannya. Jika tidak dimasak dengan benar, ikan fugu dapat menyebabkan kematian karena mengandung racun yang 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida.

Fugu, di sisi lain, adalah haute cuisine Jepang. Persiapan sebelum menghidangkan dan menyajikan fugu adalah Seni. Dengan risiko yang cukup besar, ternyata makanan ini cukup mahal juga. Satu porsi bisa sekitar $ 150 dolar.

Surströmming

Hidangan unik ini sangat populer di beberapa bagian Swedia dan menjadi menu pokok masakan tradisional Swedia utara setidaknya sejak abad ke-16. Surströmming adalah bahasa Swedia untuk “Ikan herring asam” yang berasal dari Laut Baltik.

Surströmming terdiri dari fermentasi ikan. Setelah tertangkap, ikan lalu difermentasi selama sekitar dua-enam bulan sebelum dikalengkan. Setelah dikalengkan, fermentasi terus berlanjut.

Bau yang kuat dan rasa yang agak asam menjadi ciri khas makanan ini. Untuk kebanyakan orang, bau Surströmming berada dalam level “mengerikan”. Beberapa maskapai besar bahkan melarang makanan ini ada dalam pesawat mereka.

Balut

Salah satu makanan yang cukup populer di dunia karena dinilai makanan paling aneh dan tidak biasa. Balut adalah embrio telur bebek yang direbus dan dimakan langsung dari cangkang telurnya.

Balut sangat populer di beberapa negara Asia Tenggara, hidangan ini bahkan menjadi streetfood di Filipina, Laos, Kamboja, Thailand dan Vietnam. Balut sendiri dalam bahasa Tagalog, Melayu dan Indonesia kurang lebih artinya adalah “dibungkus”. Jika Anda ingin mencoba Balut, hal yang sebaiknya anda persiapkan adalah mental.

Haggis

Haggis adalah hidangan Skotlandia yang terdiri dari organ domba seperti hati, jantung dan paru-paru. Organ-organ ini dicampur dengan bawang yang dicincang, garam, rempah-rempah, daging sapi mentah dan lemak kambing.

Campuran ini selanjutnya dicampur dalam perut hewan. Makanan ini berbentuk seperti bola-bola daging besar. Kini, Haggis modern dibungkus dengan bahan yang digunakan untuk membungkus sosis daripada perut yang sebenarnya. Haggis tersedia sepanjang tahun di restoran Skotlandia, pub dan supermarket.

Sannakji

Sannakji pada dasarnya adalah jenis seafood yang bisa ditemukan di Korea. Yang membuatnya aneh adalah makanan laut ini terdiri dari gurita hidup kecil (nakji) yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan segera.

Bagian aneh dari Sannakji adalah bahwa potongan nakji masih hidup dan bergerak ketika mereka disajikan di piring Anda atau ketika anda menuangkan minyak wijen.

Stuffed Camel

Unta tidak hanya satu-satunya bahan utama dalam pembuatan Stuffed Camel ( Camel Doll ) ini. Selain unta, bahan utama lainnya adalah satu domba dan dua puluh ekor ayam.

Unta diisi dengan domba utuh, domba yang sebelumnya diisi dengan dua puluh ayam dan ayam tersebut juga telah diisi dengan campuran beras dan telur.

Seluruh unta kemudian dipanggang di atas api. Hidangan yang disebut Camell doll ini juga memegang Guinness World of Record sebagai hidangan dan menu makanan terbesar di dunia.

Hákarl

Hákarl dibuat dari Hiu Basking atau di Greenland merupakan ikan yang difermentasi selama sekitar dua sampai empat bulan.

Pada dasarnya, hákarl adalah makanan yang memiliki bau amonia. Ikan Fermentasi ini tersedia di Islandia disegala cuaca karena disimpan sepanjang tahun.

Makanan paling aneh di atas mungkin bisa menjadi pilihan Anda di kala Anda merasa bosan dengan makanan yang biasa. Mau mencobanya? Anda bisa mengunjungi negara-negara di mana makanan tersebut berasal.