traveldraft

Stone Forest Kunming; Rimba Batu Di Cina

Ada pepatah lokal lama yang mengatakan bahwa ‘Jika Anda telah mengunjungi Kunming tanpa melihat Stone Forest Kunming ini, Anda telah menyia-nyiakan waktu Anda.

PublishedMarch 4, 2016

byDgraft Outline

Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, dikenal kalangan wisatawan bukan hanya karena wilayah ini memiliki iklim hangat yang konsisten, tetapi juga berkat pemandangan dan lanskap yang indah.

Di antara yang paling dramatis adalah Stone Forest (Shilin), dikenal sejak Dinasti Ming (1368-1644 Masehi) sebagai keajaiban alam yang eksotis.

Kurang lebih sekitar 120 kilometer (75 mil) dari Kunming—membutuhkan tiga jam perjalanan. Stone Forest Kunming mencakup area seluas 400 kilometer persegi (96.000 hektare).

Berjalan melalui tempat ini, Anda akan disuguhi karya batu alam yang disihir oleh formasi yang rumit. Lanskap megah, aneh dan curam menciptakan pemandangan dengan labirin yang tak terhitung jumlahnya.

Bentuk-bentuk batu di Stone Forest Kunming dalam berbagai formasi. Bisa menyerupai Hewan, tumbuhan, dan bahkan figur manusia. Beberapa elegan, beberapa kasar, dan masing-masing bentuk hadir dengan karakteristik yang tidak pernah akan sama.

Jika merujuk pada kajian geologi, Stone Forest adalah contoh khas topografi karst yang terbentuk sekitar 270 juta tahun yang lalu—selama periode Carboniferous dari era Paleozoic—daerah itu awalnya adalah hamparan laut yang luas.

Seiring waktu, gerakan litosfer secara bertahap telah menyebabkan air berkurang dan memunculkan lanskap batu kapur ke permukaan. Ditambah erosi konstan selama berjuta-juta tahun, Stone Forest menjadi seperti yang bisa dilihat saat ini.

Selain patung-patung batu yang terukir oleh alam, di tempat ini juga ada beberapa gua, danau, dan sumber Air terjun Dadie, Sungai Ba yang merupakan cabang dari Sungai Nanpan.

Rasanya tidak salah tempat ini masuk dalam Daftar Warisan Alam di UNESCO. Rimba batu Kunming merupakan tempat terbaik di dunia untuk menikmati keindahan puncak Karst.