traveldraft

Pegunungan Altai dan Keanekaragaman Alamnya

Selain memberikan lanskap alam yang menakjubkan, Situs Warisan Dunia UNESCO ini juga merupakan sumber air tawar yang memiliki lebih dari 30% persediaan yang ada di seluruh Siberia Timur.

PublishedApril 20, 2016

byDgraft Outline

Pegunungan Altai adalah barisan pegunungan seluas 1.611.457 hektar yang membentang di Asia Tengah terletak di perbatasan Rusia dengan China, Kazakhztan dan Mongolia.

Wilayah pegunungan Altai seakan menjadi Etalase berbagai macam bentang alam dan keanekaragaman hayati. Wilayah utamanya sendiri terdiri dari tiga zona. Pertama, Altaiykiy Zapovednik di dataran tinggi Chulysman dan Danau Teletskoe.

Kedua, Katunskiy Zapovednik, dan zona penyangganya di sekitar Gunung Belukha. Ketiga, Zona tenang Ukok di tanah tinggi Ukok.

Kawasan yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1998 ini, terbentuk akibat adanya proses kenaikan daratan yang disebabkan aktivitas vulkanik dan pergeseran lempeng tektonik pada periode Kenozoikum (150 juta tahun lalu).

Dorongan tektonik terkuat terjadi di bagian tengah Altai dengan ketinggian mencapai 3.000-4.000 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Titik terendah di pegunungan ini adalah Danau Teletskoe yang terletak pada ketinggian 109 mdpl. Sedangkan titik tertingginya berada di puncak Gunung Belukha dengan ketinggian 4.506 mdpl.

Wilayah Altai sangat kaya dengan bentang alam yang beraneka ragam dan masih asli. Sekitar 1.500 buah gletser, tersebar di Katunskiy, Akkemskiy, dan Mensu, yang total luasnya mencapai 920 km².

Puncak-puncak gunung beserta lereng-lereng rendah dan kaki bukit, serta lembah pegunungan yang dalam seperti lembah Bertek dan lembah Dzhulukul memberikan panorama yang khas dari kawasan ini.

Selain memberikan lanskap alam yang menakjubkan, Situs Warisan Dunia UNESCO ini juga merupakan sumber air tawar yang memiliki lebih dari 30% persediaan yang ada di seluruh Siberia Timur.

Keberadaan sejumlah gletser yang relatif masih ‘asli’ juga memberikan fungsi terhadap kawasan ini sebagai tempat laboratorium alam bagi”pengaruh” pemanasan global pada ekosistem pegunungan.

Fungsi lain dari kawasan ini adalah habitat yang sangat penting bagi lebih dari 2000 spesies keanekaragaman hayati, serta spesies flora dan fauna yang terancam punah.

Pegunungan Altai juga dinilai memiliki kumpulan zona vegetasi paling lengkap di dataran Siberia Tengah. Mulai dari padang stepa, hutan padang stepa, hutan campuran, vegetasi sub-Alpen, hingga vegetasi Alpen.

Pohon yang paling menarik di kawasan ini adalah pohon Alden yang hanya tumbuh di Altai bagian timur.

Situs ini juga menjadi pusat asal persebaran flora pegunungan yang kini tumbuh di seluruh wilayah Asia Utara serta menjadi habitat penting bagi sejumlah spesies binatang langka yang dilindungi seperti Leopard salju.

Jika Anda bosan dengan pariwisata standar dan menginginkan petualangan di alam liar, Pegunungan Altai menawarkannya.

Selain alam yang masih sangat asli, di sini Anda akan mendapatkan semua yang bisa anda dapatkan sebagai bumbu petualang alam liar Anda: petualangan out_d_oor, arung jeram, tour menunggang kuda dan wisata rekreasi lainnya.

Pegunungan Altai dapat ditempuh dalam waktu 3,5 jam dari Moskow dengan pesawat atau 48 jam dengan kereta api. Kota terdekat dengan wilayah ini adalah Gorno-Altaysk, Barnaul (kurang lebih 300 km), dan Novosibirsk (600 km).