traveldraft

Masakan Tradisional Norwegia, Ragam Hidangan

Masakan Tradisional Norwegia sebagian besar menggunakan bahan baku yang langsung diambil dari alam Norwegia (gunung, pesisir, dan gurun). Hal yang membedakan dengan wilayah lainnya, hidangan di wilayah ini mayoritas berupa hewan hasil buruan dan ikan.

PublishedMay 5, 2016

byDgraft Outline

Masakan Tradisional Norwegia

Sehubungan dengan musim dingin yang panjang, kebanyakan hidangan dan Masakan tradisional Norwegia, khususnya mereka yang berada jauh dari hiruk-pikuk kota menggunakan bahan-bahan yang mereka budidayakan sendiri.

Dalam satu hari, mayoritas penduduk Norwegia makan tiga atau empat makanan utama, biasanya terdiri dari sarapan dingin dengan kopi, makan siang dingin di tempat kerja (biasanya dikemas) dan makan malam panas di rumah dengan keluarga.

Makan malam keluarga tergantung pada waktu dan kebiasaan masing-masing keluarga, beberapa dari mereka juga terkadang menambahkan makanan dingin di malam hari, biasanya berupa sandwich sederhana.

Sarapan ( frokost ). Sarapan basic Norwegia terdiri dari susu atau jus buah, kopi (atau lebih jarang teh), dan sandwich dengan potongan daging, keju atau selai. Sereal seperti corn flakes, muesli dan oatmeal juga populer (terutama untuk anak-anak), serta yogurt.

Makan malam ( middag ). Beberapa Masakan tradisional Norwegia yang dimakan saat malam hari biasanya berupa ikan dengan kentang dan sayuran rebus.

Masakan Tradisional Norwegia; Hidangan Daging

Daging yang diawetkan dan sosis tersedia dalam berbagai variasi, dan biasanya disertai dengan hidangan krim asam dengan roti atau gandum / kentang bungkus.

Saat musim gugur, hidangan daging dan kambing domba merupakan makanan paling disukai, terutama fårikål (kambing dengan kubis rebus). Pinnekjøtt, rusuk daging kambing yang dikukus selama beberapa jam, diasap dan kadang-kadang dipanggang, secara tradisional disajikan sebagai makan malam Natal di bagian barat Norwegia.

Masyarakat Norwegia mempunyai cara dan bumbu-bumbu rahasia tersendiri dalam mengolah daging yang tentunya akan menjadi masakan yang lezat. Berikut beberapa Olahan Daging Ala Norwegia.

Berikut olahan daging Ala Norwegia yang Unik dan Lezat:

A. Kjøttkaker

Hidangan yang berbahan dasar potongan daging sapi kasar dan besar, bawang, garam dan merica. Besarnya kira-kira sebesar kepalan anak.

Biasanya disajikan dengan saus espagnol. Selain itu, daging sapi tersebut juga dihidangkan dengan kentang, kacang polong rebus atau kubis dan wortel.

B. Kjøttboller

Mirip dengan bola daging di Swedia, hanya saja teksturnya lebih kasar. Bola daging ini disajikan dengan kentang tumbuk dan krim saus atau saus espagnole.

C. Svinekoteletter

Hidangan daging babi yang hanya direbus dan disajikan dengan kentang dan bawang goreng atau sayuran apa saja yang ada.

D. Svinestek

Babi panggang yang merupakan makan malam khas Minggu, disajikan dengan acar kubis (berbagai manis dari sauerkraut Jerman), saus, sayuran dan kentang.

E. Lapskaus

Menyerupai rebusan Irlandia, yang berupa daging cincang, sosis atau daging.

F. Fårikål

Daging kambing rebus merupakan hidangan nasional Norwegia. Persiapannya sangan sederhada ; kubis dan lapisan potongan daging kambing dimasukan dalam panci besar bersama dengan lada hitam, garam (dan, dalam beberapa resep, tepung terigu untuk mengentalkan saus), ditutupi dengan air dan direbus sampai daging sangat lembut. Disajikan dengan kentang.

G. Stekte pølser

Sosis segar digoreng dan disajikan dengan sayuran, kentang, kacang polong dan mungkin beberapa saus.

H. Syltelabb

Hidangan ini biasanya dimakan sekitar dan sebelum waktu Natal, terbuat dari daging babi asap. Daging dimakan menggunakan tangan, dan disajikan sebagai camilan dan kadang-kadang disajikan dengan bit, mustard dan roti segar atau dengan Lefse atau flatbread.

Secara historis syltelabb disajikan dengan juleøl Norwegia (Natal Ale), bir dan minuman keras (seperti aquavit). Hal ini dilakukan karena Syltelabb merupakan makanan yang sangat asin.

I. Pinnekjøtt

Olahan Daging Ala Norwegia ini merupakan menu makan malam utama dengan bahan utama daging domba atau tulang rusuk kambing, dan hidangan ini sebagian besar terkait dengan perayaan Natal di Norwegia Barat, dan dengan cepat menjadi makanan yang populer di daerah lain juga.

31% dari Norwegia mengatakan mereka makan pinnekjøtt untuk makan malam keluarga saat malam Natal. Hidangan sering disajikan dengan sup kental berisi lobak (rutabaga) dan kentang, dengan minuman bir dan akevitt.

J. Smalahove

Merupakan hidangan tradisional, biasanya dimakan sekitar dan sebelum waktu Natal, Olahan Daging Ala Norwegia ini terbuat dari kepala domba. Kepala direbus selama sekitar 3 jam dan disajikan dengan rutabaga dan kentang.

K. Sodd

Ini dia sup yang merupakan makanan tradisional Norwegia. Sup ini berbahan dasar daging kambing dan bola daging. Olahan Daging Ala Norwegia ini biasanya disajikan dengan sayuran seperti kentang atau wortel.

Masakan Tradisional Norwegia; Hidangan Hewan Buruan

Masakan tradisional Norwegia yang berupa hewan buruan, seperti rusa (sesungguhnya, di Norwegia rusa bukanlah hewan buruan karena hampir semua rusa di Norwegia dibudidayakan) kelinci gunung, bebek, burung ptarmigan batu dan unggas.

Daging ini sering diburu dan dijual atau diberikan sebagai hadiah, tetapi juga tersedia di toko-toko lokal, dan cenderung disajikan di acara-acara sosial.

Karena rasa yang kuat, menjadikan daging ini berbeda dengan daging lainnya, hidangan ini disajikan dengan saus kaya dibumbui dengan buah juniper hancur, dan saus asam-manis lingonberries.

Masakan Tradisional Norwegia; Makanan Laut

Salah satu hidangan tradisional yang juga popular di kalangan dunia adalah salmon asap. Makanan ini sekarang menjadi ekspor utama, dan memberikan kontribusi sangat besar di Skandinavia.

Itulah sekilas tentang berbagai kelezatan yang datang dari Norwegia, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut jika Anda berkunjung ke sana. Mungkin bisa juga menjadi alternatif bisnis untuk usaha dalam bidang kuliner dengan hidangan ala Norwegia.

Kelezatan-kelezatan Hidangan dari Laut Norwegia

A. Rakfisk

Hidangan dari laut Norwegia ini terbuat dari ikan yang diasinkan dan di-fermentasi selama dua sampai tiga bulan, atau bahkan sampai satu tahun, kemudian dimakan tanpa dimasak lagi.

Rakfisk harus dikemas dan disimpan secara higienis, karena risiko berkembangnya bakteri Clostridium botulinum (yang menyebabkan botulisme ) selama proses fermentasi.

B. Torsk

Ikan Cod yang direbus, biasanya disajikan dengan kentang rebus dan mentega cair. Terkadang ditambahkan daging dan telur yang digoreng, serta wortel. Torsk ini merupakan sebuah hidangan dari laut Norwegia yang cukup populer.

C. Lutefisk

Merupakan hidangan modern yang dibuat dari ikan asin (cod kering atau ling) atau klippfisk (cod kering dan asin) yang telah direndam dalam larutan alkali.

Disiapkan dan disajikan dengan cara seperti itu bertujuan untuk mengawetkan ikan dalam waktu lebih lama. Kuliner ini agaknya cukup populer sebagai makanan yang diwariskan turun temurun; resep warisan.

D. Stekt fisk

Ikan filleted yang sudah direbus setengah matang sebelumnya, ditaburi tepung, garam dan merica lalu diaduk dalam mentega yang dipanaskan. Disajikan dengan kentang, dan mentega dari wajan sebagai sausnya.

E. Fiskesuppe

Sup berbahan dasar susu dengan sayuran. Biasanya akan ada wortel, bawang, kentang dan berbagai jenis ikan.

F. Sursild

Acar ikan dengan berbagai saus berbasis gula dan cuka, saus tomat, mustard dan saus sherry. Acar ikan herring sering disajikan sebagai hors d’oeuvre (hidangan pembuka) atau dengan roti gandum sebagai menu makan siang.