Image by Hesse1309 / wikicommons
Categories Traveldraft Tags

Gereja Kayu Urnes (Urnes Stave Church), Norwegia

Gereja kayu Urnes di Sogn Fjord dibangun antara abad ke-12 dan ke-13. Gereja kayu tradisional Skandinavia ini memadukan seni Celtic, struktur bangunan tradisional Viking dan gaya Romanesque.

Stave Church atau Stavkyrkje (gereja kayu) adalah istilah yang digunakan merujuk pada arsitektur gereja yang dindingnya dibangun dari kayu atau papan yang tegak. Arsitektur Gaya ini berkembang di Norwegia dari abad ke-11 hingga abad ke-13.

Pada abad kesembilan belas, beberapa Stave Church kuno di Norwegia, terutama yang memiiki ornamen, ukiran, maupun dekorasi yang aneh dibakar dan dihancurkan karena dianggap bagian dari penyembahan berhala dan menyimpang.

Gereja kayu Urnes (Urnes Stave Church) di Sogn Fjord, Norwegia dibangun awal abad ke-12. Gereja kayu tradisional Skandinavia ini memadukan seni Celtic, struktur bangunan tradisional Viking dan gaya Romanesque. Di wilayah Eropa lainnya juga terdapat beberapa bangunan serupa, tetapi hanya gereja di Norwegia ini yang terawat baik dan autentik.

Urnes Stave Church ini menjadi gereja tertua dan kaya akan dekorasi. Tahun 1979 gereja ini ditetapkan sebagai situs budaya World Heritage oleh UNESCO. Diyakini sebagai gereja kayu tertua yang menggunakan metode orang-orang Viking .

Gereja Kayu Urnes Norwegia (Urnes Stave Church Norway)
Image by Concierge.2C / wikicommons

Pintu gerbang gereja di sebelah utara didekorasi dengan gaya Urnes klasik. Ada beberapa upaya yang dilakukan untuk menginterpretasikan dekorasi dan ikonografi yang terpampang pada pintu gerbang tua di tembok sebelah utara ini.

Umumnya, citra yang ada menggambarkan ular yang membelit. Pada bagian bawahnya terdapat seekor binatang dengan keempat kakinya digigit ular.

Adegan ini umumnya diinterpretasikan sebagai penggambaran pertarungan abadi antara kebaikan dan kejahatan binatang ini di yakni merupakan seekor singa yang dalam ikonografi Kristen menjadi simbol bagi Kristus dalam melawan kejahatan yang dilambangkan dengan ular atau representasi dari setan.

Gereja Kayu Urnes Norwegia (Urnes Stave Church Norway)
Image by Siri Uldal / wikicommons

Gaya dekorasi Urnes sangat dikenal diwilayah selatan daripada di wilayah yang pernah dikunjungi orang Viking Gaya Urnes klasik juga berpengaruh kuat dalam perkembangan seni pahat Romawi Romansque.

Selain ornamen binatang di pintu gerbang tembok utara, di bagian dalam bangunan gereja juga terdapat sebuah altar buatan abad ke-12 yang menggambarkan tentang peristiwa penyaliban.

Gereja kayu ini telah berumur beberapa abad, atap aslinya jika dibuka akan berbentuk sperti kapal yang diperbaiki, dan bagian atap ini baru ditambahkan pada akhir abad ke-17.

Gereja Urnes Stave dibangun dengan lingkaran pusat berbentuk persegi empat dan ruang koor yang sempit. Ruang koor ini selanjutnya diperluas pada abad ke-17, tetapi persembahan ini dikembalikan lagi seperti semula.

Gereja Kayu Urnes Norwegia (Urnes Stave Church Norway)
Image by J. C. Dahl / wikicommons

Elemen konstruksi abad pertengahan in situ pada gereja ini berupa balok di tanah (grunstrokker), sills (sviller), pos-pos pusat (hjornestolper), papan-papn plang yang berada di tembok (veggtiler), dan tembok ruangan besar (stavlagjer).

Gereja Kayu Urnes Norwegia (Urnes Stave Church Norway)
Image by Hesse1309 / wikicommons

Bangunan di area tengah gereja memiliki papan melengkung, tali-tali, pengait dan atap yang juga berasal dari era abad pertengahan.

Gereja Kayu Urnes di Orneset dibangun tiga kali pada situs yang sama. Tembok utara yang panjang dan bagian-bagian dekorasi asli gereja ini dirobohkan setelah dibangunnya pintu gerbang, papan plang dan pos pusat.

Sementara itu gable, yakni dinding bagian depan berbentuk segitiga di ujung atap dari bangunan gereja ditutup untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

Gereja-gerja kayu di Norwegia memiliki kontribusi unik terhadap warisan budaya dunia. Kebanyakan bangunan ini didirikan di antara tahun 1130-1350. Arsitektur bangunan gereja kayu ini memiliki hubungan gaya Viking, serta memiliki karakteristik dekorasi bermotif binatang dan desain Kristiani.

Gereja Kayu di Norwegia

Selain Gereja kayu Urnes (Urnes Stave Churc) di Norwegia ada puluhan gereja kayu lainnya. Pada masanya, ada sekitar 1.000 Stave Churc di Norwegia tetapi yang tersisa saat ini kurang lebih hanya 28 gereja kayu. Beberapa diantaranya dinamai berdasarkan lokasi gereja tersebut berdiri, jadi cukup mudah untuk mencari, berikut di antaranya:

Borgund Stave Church

Gereja Kayu Borgund adalah gereja yang terletak di desa Borgund di Lærdal, Sogn og Fjordane, Norwegia. Gereja kayu ini diklasifikasikan sebagai gereja Sogn-type. Gereja ini adalah bagian dari paroki Borgund di dekan Indre Sogn di Keuskupan Bjørgvin.

Haveal Stave Church

Gereja kayu Haveal adalah gereja yang berlokasi di Heddal, Notodden, Norwegia. Gereja ini dibangun pada awal abad ke-13 dan merupakan gereja kayu terbesar di Norwegia.

Hopperstad Stave Church.

Gereja kayu Hopperstad adalah gereja di Vikøyri Vik, Sogn og Fjordane, Norwegia. Salah satu gereja tua yang kini di dijaga dan dilelestarian karena menjadi bagian Monumen bangsa Norwegia Kuno.

Kaupanger Stave Church

Gereja Kayu Kaupanger adalah gereja terbesar di wilayah Sogn og Fjordane, Norwegia. Terletak di Kaupanger Sogndal, di pantai utara Sognefjorden. Gereja yang dibangun pada pertengahan abad ke-12 ini masih digunakan sebagai gereja paroki hingga sekarang.

Uvdal Stave Church

Gereja kayu Uvdal terletak di lembah Numedal di Nore og Uvdal, Buskerud, Norwegia. Gereja ini dibangun tahun 1168 tahun pembangunannya didapati dari dendrochronological bijih-pinus yang digunakan dalam konstruksi.

Lom Stavkyrkje

Gereja kayu Lom adalah gereja yang terletak di Lom di wilayah Oppland, distrik tradisional Gudbrandsdal, Norwegia. Lom terletak di .

Stave Church Gol

Gereja kayu Gol adalah gereja di wilayah tradisional Hallingdal di wilayah Buskerud, Norwegia. Gerejabya kini direkonstruksi menjadi museum dan sekarang terletak di Museum Sejarah Budaya Norwegia di Bygdøy, Oslo, Norwegia

Ringebu Stave Church

Gereja kayu Ringebu adalah gereja yang terletak di desa Ringebu di kota Ringebu di Oppland wilayah tradisional Gudbrandsdal, Norwegia.

Høyjord Stave Church

Gereja kayu Høyjord adalah sebuah gereja di desa Høyjord di Andebu, Sandefjord di daerah Vestfold, Norwegia. Disebut sebagai satu-satunya gereja kayu yang tersisa di Vestfold. Gereja ini dibangun pada akhir abad ke-11.

Eidsborg Stave Church

Juga disebut Eaveborg Stave Church adalah gereja kayu di Tokke, Telemark, Norwegia. Gereja diperkirakan berasal antara dari abad ke-13.

Røldal Stave Church

Gereja kayu Røldal adalah gereja di desa Røldal yang merupakan wilayah Kota Odda di daerah Hordaland, Norwegia. Gereja kayu Røldal bagian dari paroki Rldal di Hardanger og Voss deanery di Keuskupan Bjørgvin.

Torpo Stave Church

Gereja kayu Torpo adalah gereja yang terletak di Torpo, sebuah desa kecil di Ål, Buskerud, yang membentang antara Oslo dan Bergen, Norwegia.

Reinli Stave Church

Gereja Kayu Reinli adalah gereja di desa Sør-Aurdal di wilayah Oppland, Reinli, Gereja kayu Norwegia ini dibangun pada paruh kedua abad ke-13.

Garmo Stave Church

Gereja kayu Garmo adalah gereja yang terletak di museum Maihaugen di Lillehammer, Oppland, Norwegia. Gereja Stave Garmo adalah salah satu gereja kayu yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Norwegia.

Rødven Stave Church

Gereja kayu Rødven adalah gereja di desa Rødven-Rauma, Møre og Romsdal , Norwegia. Gereja ini adalah gereja di paroki Eid og Holm yang merupakan bagian dari prosti Indre Romsdal di Keuskupan Møre.

Flesberg Stave Church

Gereja kayu Flesberg adalah gereja kayu yang berlokasi di Flesberg di Buskerud, Norwegia.

Hedalen Stave Church

Gereja kayu  Hedalen adalah gereja yang terletak di pemukiman Hedalen di kotamadya Sør-Aurdal di Oppland, Norwegia.

Fantoft Stave Church

Gereja kayu Fantoft adalah gereja di wilayah Fana di kota Bergen, Norwegia.

Nore Stave Church

Gereja kayu Nore adalah sebuah gereja yang berlokasi di Nore og Uvdal, Buskerud, Norwegia.

Rollag Stave Church

Gereja kayu Rollag adalah gereja di kota Rollag di Buskerud, Norwegia. Gereja ini terletak beberapa kilometer di utara pusat desa Rollag

Lomen Stave Church

Gereja kayu Lomen adalah gereja yang terletak di desa kecil Lomen di kotamadya Vestre Slidre di wilayah Oppland, Norwegia. Lomen terletak di wilayah tradisional Valdres.

Fåvang Stave Church

Gereja kayu Fåvang adalah gereja yang terletak di sebelah selatan desa Fåvang di Ringebu, Oppland, Norwegia. Gereja ini terletak di wilayah tradisional Gudbrandsdal. Gereja Fåvang adalah gereja paroki aktif