traveldraft

Fjord; Menikmati Keindahan Lanskap Norwegia Barat

Fjord dalam bahasa Norwegia artinya lembah yang mengalami pendalaman secara glasial yang disebabkan oleh sungai-sungai es. Fjord biasanya sempit dan memiliki sisi-sisi yang curam dan meninggi dari bawah permukaan laut.

PublishedJuly 18, 2016

byDgraft Outline

Fjord Norwegia Barat
Image by T. Jensen

Fjord yang terkenal kebanyakan terletak di Norwegia, khususnya Norwegia Barat. Dua fjord paling terkenal di wilayah ini adalah Geirangerfjord dan Nærøyfjord.

Keduanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, kedua fjord ini memiliki sejarah pembentukan geomorfologis yang panjang, bermula dari masa pembentukan sungai di pegunungan tua pada periode Kaledonia sampai pengikisan es pada zaman Pleistosen

Geriangerfjord berada di sebelah utara, membentang sepanjang 60 km di ujung Storfjord. Nærøyfjord terletak di Sognefjord dan membentang sejauh 100 km.

Geirangerfjord dan Nærøyfjord merupakan lembah menggantung dari bawah laut. dasar dari keduanya mencapai kedalaman 300-500 meter di basin-basin es.

Fjord-fjord tersebut dikelilingi pegunungan yang dihiasi ladang transhumance tua, ada pula danau es dan sungai yang belum dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Meskipun perbedaan di antara keduanya tidak terlalu dramatis, namun kedua fjord tersebut saling melengkapi. dari jenis pegunungan-nya, Geirangerfjord didominasi pegunungan dengan karakter Alpen. oleh relief fisik Sementara itu, Nærøyfjord memiliki pegunungan dengan danau es dan glasier di dataran tingginya. Lanskap Nærøyfjord kebanyakan berupa daratan pra-glasial yang berbentuk membulat dan lebih berjenis fluvial seperti sungai-sungai.

Secara umum ada lima jenis landskap yang bisa ditemukan di Geirangerfjord dan Nærøyfjord. Yang pertama adalah di area tepi laut dan sisi bukit. Area ini didominasi oleh relief fisik.

Jenis kedua adalah ladang yang terdiri dari tiga tipe, fjord, lembah, dan puncak gunung. Area ketiga adalah lembah tempat mencari rumput di musim panas.

Lanskap keempat adalah hutan musim yang berlokasi di lembah dan sisi gunung serta hutan konifera yang berada di tempat-tempat yang lebih tinggi. Kelima, gunung dengan vegetasi Alpen, yang semakin ke atas berubah menjadi glasier, padang salju, dan bebatuan

Geirangerfjord dan Nærøyfjord memiliki jenis tanaman yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama terletak di Norwegia Barat. Hal ini disebabkan karena kedua fjord tersebut memiliki jenis tanah yang berbeda

Geirangerfjord yang kaya akan batuan periodite dan serpentinite memiliki tanah yang subur. Vegetasi utamanya adalah hutan iklim sedang, padang rumput Alpen, dan ladang-ladang buatan manusia.

Jenis tanaman yang tumbuh di Geirangerfjord tergantung pada permukaan anahnya, apakah tertutup salju atau tidak. Oleh karena itu tanaman di fjord ini bervariasi

Berbeda dengan Geriangerfjord, jenis tanaman di Nærøyfjord lebih seragam. Tanaman yang tumbuh di fjord ini adalah cemara Skotlandia ( Pinus Sylvetris ) dan alder abu-abu ( Alnus Incana ), yang biasanya tumbuh di daerah longsoran. Tanaman yang paling banyak tumbuh di sini adalah birch kerdil ( Betula Spp ).

Berbagai jenis fauna juga dapat ditemui di fjord-fjord Norwegia Barat. Fauna yang umum dijumpai di antaranya rusa-rusa langka seperti rusa kutub ( Rangifer Tarafus ), rusa kecil ( Capreolus Capreolus ), rusa merah ( Cervus Elapbus ), dan rusa besar ( Alces Alces ).

Selain itu terdapat pula rubah kutub ( Alopex Lagopus ), beruang cokelat ( Ursus Arctos ), lynx ( Lynx Lynx ), serigala ( Gulo Gulo ), dan berang-berang ( Lutra Lutra ).

Spesies fauna laut dapat ditemukan di Nærøyfjord yang airnya belum tercemar. Ada 76 spesies fauna laut yang hidup di wilayah ini, seperti salmon ( Salmo Salar ), lobster Norwegia, dan lain-lain.