Image by Victor N / Flickr
Categories Traveldraft Tags

Bialystok dan Landmark Kota Tua di Polandia

Sebagai bagian dari sejarahnya, kota ini kini ditinggali oleh keturunan Belarusians, Rusia, Ukraina, dan sebagian besar merupakan koloni masyarakat Roma. Bialystok juga dikenal dunia sebagai salah satu pusat Gereja Ortodoks di Polandia.

Sebagai bagian dari sejarahnya, Bialystok kini ditinggali oleh keturunan Belarusians, Rusia, Ukraina, dan sebagian besar merupakan koloni masyarakat Roma. Bialystok juga dikenal dunia sebagai salah satu pusat Gereja Ortodoks di Polandia.

Bialystok sebuah kota tua di timur laut Polandia, terletak di tepi sungai Suprasl. Jika melihat jauh pada sejarahnya, kota ini pertama kali hadir kurang lebih pada paruh pertama abad ke-15. Di mana Bialystok tercatat sebagai wilayah kekuasaan pangeran dari Mazovia dan Orde Teutonik.

Satu abad kemudian, kota Bialystok kemudian menjadi milik keluarga Veselovsky, yang membangun sebuah istana dan gereja pertama. Bahkan setelah satu abad (setelah kematian anggota terakhir dari silsilah Veselovsky) kota Bialystok berada di bawah kekuasaan raja Polandia, menjadi milik keluarga Branicki (Branitsky).

Bialystok Poland
Image by Victor N / Flickr

Keluarga Branitsky ini merupakan bangsawan yang pada gilirannya sangat erat terkait dengan kemakmuran lebih lanjut dan pengembangan Bialystok. Branitsky bahkan membangun sebuah istana yang indah, mengundang seniman, pematung dan ilmuwan ke kota ini.

Pada akhir abad ke-18 kota itu dibeli dari keturunan Branicki dan menjadi bagian dari kekuasaan Prussia. Tapi setelah beberapa dekade, Rusia harus rela menyerahkannya kepada Bonaparte. Kota ini kemudian menjadi pusat industri tekstil yang berkembang pesat.

Pada tahun 1920, Bialystok dikembalikan ke Polandia. Akan tetapi tidak tinggal lama karena pada tahun 1939 menjadi wilayah Uni Soviet itu dan pada tahun 1941, pasukan Jerman berhasil menduduki kota itu. Bialystok kemudian dibebaskan oleh Tentara Merah pada tahun 1944. Pada tahun yang sama kota ini resmi menjadi milik Polandia.

Sekarang Bialystok merupakan pusat administrasi Provinsi Podlasie dan kota terbesar di wilayah tersebut. Sebagai bagian dari sejarahnya, kota ini pun kini ditinggali oleh keturunan Belarusians, Rusia, Ukraina, dan sebagian besar merupakan koloni masyarakat Roma. Bialystok juga dikenal dunia sebagai salah satu pusat Gereja Ortodoks di Polandia.

Destinasi di Bialystok

Kosciuszko Market di Pusat Kota

Pasar Kosciuszko, sebuah pasar tua yang juga disebut Square Market di pusat bersejarah Białystok, dengan arsitektur yang indah, terutama arsitektur Balai Kota yang dibangun dengan gaya Baroque pada abad ke-18. Menariknya, Balai Kota tidak pernah menjadi pusat pemerintahan kota.

Pasar Kosciuszko masih berfungsi sebagai tempat perdagangan–ada banyak toko di tempat ini. Menara yang ada di balai kota digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk mengawasi kota, sekarang merupakan museum.

Cathedral of the Assumption of the Blessed Virgin Mary

Di bagian timur dari Pasar Kosciuszko adalah salah satu pemikat utama kota Bialystok -–Cathedral of the Assumption of the Blessed Virgin Mary. Ini adalah salah satu bangunan tertua di kota, dibangun pada awal abad ke-17.

Menariknya, bangunan gereja tersebut terdiri dari dua bangunan; yang lama (awal abad XVII) dan yang baru (awal abad XX). Katedral adalah wilayah suci utama bagi warga Bialystok. Gereja yang memiliki karakterisitik bangunan neo-Gothic ini terakhir direstorasi di bawah proyek Jozef Pius Dzhekonskogo di awal abad 20.

Branicki Palace

Salah satu landmark paling terkenal dari Bialystok – Branicki Palace yang disebut sebagai “Versailles dari Podlasie”, “Versailles dari Utara” dan “Polandia Versailles”. Istana ini bagaimanapun memiliki catatan sejarahnya sendiri dan merupakan salah satu bangunan kuno yang paling terawat baik dari abad ke-17.

Asal-usul istana Branicki bahkan di duga berasal dari abad XVI.Bangunannya memiliki ciri khas gaya Baroque akhir dengan taman dan lansekap yang indah. Benteng-bentengnya merupakan perpaduan gaya Gothic dan Renaissance yang dirancang oleh arsitek kerajaan Bretfusa, arsitek dari Istana Bawah di Vilnius.

Katedral St. Nicholas

Katedral St. Nicholas merupakan Katedral Gereja Ortodoks Polandia. Bangunannya adalah yang terbesar dari gereja-gereja Ortodoks yang ada di kota Bialystok.

Katedral St. Nicholas diperkirakan dibangun pada abad ke-19 dalam gaya klasik Yunani, namun sangat khas dengan arsitektur gereja dari Kekaisaran Rusia. Katedral ini terletak di pusat kota dan merupakan monumen sejarah dan budaya yang sayang jika anda lewatkan.