traveldraft

Desserts Terbaik dari Turki, Puding Hingga Daging

Desserts terbaik dari Turki berasal dari pertukaran budaya dan peninggalan sejarah dari peradaban kuno. Desserts (hidangan penutup) merupakan “showcase” dari masakan Turki.

PublishedAugust 1, 2016

byDgraft Outline

Baklava
Image by Sakaman

Turki memiliki rentang yang sangat luas untuk makanan penutup mulai dari puding hingga adonan phyllo, dan bahkan dengan daging.  Kami telah menyiapkan daftar Desserts Terbaik dari Turki. Makanan penutup tradisional ini dipilih karena popularitas dan cita rasanya.

İrmik helvasi

İrmik helvasi adalah makanan penutup dengan berbagai jenis, seperti pistachio dan es krim. Makanan ini umumnya disiapkan untuk pesta-pesta keagamaan atau hari-hari besar, dan juga dalam acara kedukaan yang biasanya disuguhkan untuk para tamu yang datang setelah pemakaman atau juga dibagikan ke tetangga.

Revani

Makanan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai negara, kue manis ini terbuat dari semolina dan direndam dalam sirup. Makanan ini merupakan makanan favorit para pecinta masakan Turki.

Selain sirup, terkadang air bunga jeruk pun sering ditambahkan. Makanan ini juga merupakan makanan yang kaya akan taburan pistachio cincang di atasnya.

Ayva Tatlısı

Pernahkan Anda mencoba memasak dengan buah quince? Ya, benar buah yang asam, kasar, dan mungkin sedikit sulit mendapatkannya. Namun pikiran Anda akan berubah setelah mencoba makanan penutup yang satu ini. Mencoba hidangan penutup Turki yang klasik ini akan membuat quince menjadi salah satu makanan favorit Anda.

Makanan penutup Turki Quince atau ‘Ayva tatlısı’ begitu manis dan lembut hampir seperti makan manisan buah. Sirup yang dituangkan membuat makanan ini tampak cantik di piring Anda.

Hidangan ini katanya makanan yang baik untuk menghibur. Makanan penutup ini banyak disajikan di restoran Turki.

Kabak tatlısı

Merasa bosan dengan resep makanan penutup berbahan labu yang itu itu saja? Berikut adalah resep lezat dari Turki yang akan memberikan ide dalam mengolah labu sebagai makanan penutup, Ya, benar, pie labu.

Makanan manis pencuci mulut dari Turki ini lebih dikenal sebagai ‘kabak tatlısı’ , tidak hanya sederhana untuk mempersiapkannya, namun makanan ini juga cukup mewah.

Firin sutlac

Masyarakat di berbagai belahan dunia pasti mengenal dan senang menikmati pudding beras. Dapat dipastikan setiap negara pun pasti memiliki gaya sendiri untuk menyajikannya.

Di Turki orang memasak puding beras dengan air, susu, beras, gula dan tepung beras. Dalam versi modern orang menambahkan juga perasa vanilla.

Cinnamon atau hazelnut merupakan dua dressing utama pada makanan ini. Setelah berwarna kecokelatan dalam broiler, jadilah Firin sutlac sebuah makanan penutup yang disebut juga pudding nasi panggang.

Asure

Menurut kepercayaan Islam, ketika Nuh selamat dari banjir besar, ia membuat hidangan puding dengan bahan-bahan yang tersedia. Ada banyak varian dari makanan penutup Turki ini.

Pada dasarnya makanan ini merupakan campuran gula, biji-bijian seperti gandum, kacang dan haricot kacang dengan buah-buahan kering seperti ara, aprikot dan kismis serta kacang-kacangan seperti hazelnut, dan walnut.

Makanan penutup ini berkaitan dengan kegiatan agama. Bulan pertama dalam kalender Islam adalah Muharrem.

Ini adalah perbuatan baik untuk berpuasa pada 10 hari pertama dari Muharrem, setelah itu baru lah pada hari ke-10 Ashure dibuat dan disajikan, serta dibagikan pada tetangga dan kerabat. Tradisi ini masih berjalan hingga saat ini.

Tavuk Göğsü

Tavuk Göğsü merupakan karya asli dari makanan penutup dalam masakan Turki, makanan ini adalah “Chicken Breast” dan itu adalah dessert! Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana hal itu berubah menjadi hidangan penutup.

Makanan penutup ini pada dasarnya sosis yang terbuat dari ayam, tapi tidak terasa ayam sama sekali.

Tavuk Göğsü rasanya lebih seperti puding beras, berteksur lembut dan halus, tapi cukup tebal dan kenyal.

Makanan yang mengandung daging ayam ini dibumbui dengan kayu manis dan vanili, tapi Anda tidak akan menemukan jejak rasa ayam sama sekali. Daging putih yang ditambahkan hanya untuk mendapatkan tekstur yang elastis dalam makanan ini.

Kazandibi

Kazandibi adalah desserts terbaik dari Turki lainnya. Ada dua jenis kazandibi: Regular Kazandibi dan Chicken Breast Kazandibi.

Sebenarnya kazandibi mirip dengan Tavuk göğsü pudding, bedanya pada bagian bawah pot dalam pembuatan ditaburi dengan gula bubuk. Caramelizes gula yang leleh pada bagian bawah pot membuat pudding ini berwarna kecoklatan dan tebal. Bau yang lezat dan warna kecoklatan merupakan pemikat bagi pengagumnya.

Nah, lantas apa bedanya dengan kazandibi muhallebi? Perbedaannnya terdapat dalam penggunaan daging ayam, prosesnya sama, hanya kazandibi muhallebi dibuat tanpa menggunakan daging ayam.

Kunefe

Levantine (Kunefe), kue keju manis dan gurih ini sulit dihindari jika Anda berada di Turki; Aromanya dapat tercium dari kejauhan di mana PKL menggoreng makanan ini.

Künefe terbuat dari unsalted keju leleh segar atau disebut hatay hanya ditemukan di wilayah ini. Kemudian keju dilapisi gula sirup, direndam cabik phyllo disebut Kadayıf, dan digoreng hingga garing.

Daya tariknya adalah tekstur yang kontras dari eksterior renyah derngan bagian dalam yang melty. Makanan ini juga biasanya ditaburi pistachio, Kaymak (whipped cream) atau es krim. Makanan ini akan tersa lebih nikmat jika disantap saat masih panas.

Baklava

Baklava
Image by Sakaman

Baklava, adalah makanan penutup Turki yang paling terkenal. Ketika Anda meminta seorang Turki apa yang harus makan sebagai hidangan penutup Turki, baklava adalah jawaban yang paling umum. Orang Turki menyukai permen dan baklava adalah wujudnya.

Sederhanya baklava adalah kacang cincang yang dilapisi phyllo dengan mentega, dipanggang dan dipermanis dengan sirup atau madu. Namun, tidak mudah untuk membuat desserts terbaik dari Turki ini.