traveldraft

Kimbap Korea; Kuliner Sushi Gulung

Kimbap atau Gim-bop dianggap salah satu makanan Korea yang paling populer dan bergizi. Makanan Ini terdiri dari beras dan potongan sayuran, telur, dan daging, digulung dengan rumput laut kering dan kemudian diiris sebelum disajikan. Ya, Kimbap adalah Sushi-nya Korea.

PublishedAugust 29, 2016

byDgraft Outline

Kimbap Korea
Image by Manda / Flickr

Makanan ini merupakan makanan ringan yang populer yang kadang disajikan sebagai menu makan siang dengan berbagai bahan yang tak terbatas, makanan ini dapat menggunakan berbagai jenis daging dan atau sayuran. Yang paling populer adalah bulgogi, bayam, acar lobak , dan telur.

Saat melihatnya pertama kali, Kimbap menyerupai maki Jepang atau sushi roll. Namun, ada beberapa perbedaan antara sushi roll Jepang dengan Kimbap Korea. Perbedaan utama terletak pada bahan, sushi Jepang biasanya agak minim dalam penggunaan bahan.

Sushi biasanya hanya terdiri dari tuna atau salmon, sedangkan Kimbap berisi berbagai bahan seperti yang disebutkan sebelumnya. Perbedaan lainnya, Sushi menggunakan Ikan mentah (sashimi), Kimbap Korea tidak menggunakan Ikanmentah.

Terakhir, sushi Jepang sering dicelupkan ke dalam kecap asin atau wasabi sementara gimbop biasanya dicelupkan dalam minyak wijen. Gim mengacu pada lembar rumput laut kering, dan bop adalah kata Korea untuk nasi.

Sejarah Kimbap

Ada banyak pertentangan tentang asal-usul Kimbap. Banyak yang percaya bahwa kimbap hanyalah sebuah bentuk lain dari sushi yang kemungkinan berasal dari pendudukan Jepang atas Korea sebelumnya. Asumsi lainnya adalah ada juga yang menyatakan bahwa kimbap merupakan evolusi dari kimssam (beras dibungkus rumput laut)

Dari semua kemungkinan tersebut bisa saja benar, mengingat sejarah panjang dari hubungan antara Korea dan Jepang. Dalam sejarah, kimssam telah ada dari zaman Goryeo, dan penggunaan bejana sendiri terjadi pada masa Dinasti Silla.

Penggunaan bejana sebagai bungkus mungkin ditransfer dengan baik dari Korea atau China ke Jepang, di mana akhirnya berkembang menjadi sushi, dan kemudian berkembang kembali di Korea sebagai Gimbap (Kimbap).

Gaya dan Jenis Kimbap

Ada tiga gaya utama kimbap, yaitu:

Beberapa Jenis Kimbap Lainnya