Categories Traveldraft Tags

Kkotgetang; Sup Kepiting Pedas dari Korea

Kkotgetang adalah sup kepiting pedas panas dengan rasa yang menyegarkan. Makanan ini berisi rebusan gochujang (Pasta Cabai Merah), gochugaru (Cabai Merah Bubuk) dengan berbagai sayuran. Kuah dan Sup Kkotgetang ini populer sebagai makanan yang sangat pedas. Sebagai bahan utamanya, kepiting biru yang direbus dengan berbagai sayuran seperti krisan, daun bawang, lobak, cabai, bawang putih dan … Read more

Kkotgetang adalah sup kepiting pedas panas dengan rasa yang menyegarkan. Makanan ini berisi rebusan gochujang (Pasta Cabai Merah), gochugaru (Cabai Merah Bubuk) dengan berbagai sayuran. Kuah dan Sup Kkotgetang ini populer sebagai makanan yang sangat pedas.

Sebagai bahan utamanya, kepiting biru yang direbus dengan berbagai sayuran seperti krisan, daun bawang, lobak, cabai, bawang putih dan kadang ditambahkan daun labu segar serta doenjang (pasta kacang kedelai) untuk menambah rasa, penyedap utama hidangan ini adalah gochujang.

Selain itu, makanan laut lainnya seperti kerang dan udang dapat ditambahkan dalam rebusan Kkotgetang, untuk dicampur dengan kepiting pedas. Jika tidak ada kepiting biru, Anda dapat menggunakan kepiting lainnya sebagai pengganti.

***

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kkotgetang. 3-4 ekor kepiting biru besar, 6 gelas air,  ¼ lobak kecil, 1 strip kecil rumput laut laut atau Dasima, 1 zucchini sedang, 1 bawang kecil (iris), 6 cabai hijau dan merah (iris).

2 batang daun bawang (iris), 5 siung bawang putih (cincang), 2 sdm gochugaru (cabai merah bubuk), 1 sdm gochujang (pasta cabai merah), 1 sdm kecap, 1 sdm biji wijen panggang. Lada hitam, daun krisan, Daun labu segar (opsional), 1 sdm pasta kacang kedelai (opsional).

***

Untuk membuat kaldunya, tambahkan rumput laut laut, lobak dan kecap dengan enam gelas air dalam sebuah panci besar. Potong Kepiting, caranya potong bagian mulut, insang, kaki dan cakar dengan pisau atau gunting untuk lebih mudah.

Ketika kaldu mendidih, segera tambahkan gochugaru, gochujang, bawang putih dan pasta kacang kedelai (jika diinginkan). Masukkan kepiting dan masak selama 10 menit dengan panci atau wajan tertutup.

Tambahkan zucchini dan bawang, dan masak kembali selama 10 menit. Ketika semua kerang berubah warnanya menjadi oranye terang, tambahkan daun bawang, cabai hijau dan merah, daun labu, biji wijen dan lada hitam. Terakhir, tambahkan daun krisan setelah semuanya matang. Sajikan dan santap dengan nasi putih.