Categories Traveldraft Tags

Laksa Kari dari Malaysia; Penang Curry Mee

Laksa kari adalah mie dengan kuah pedas–biasanya merupakan kari. Kuliner perpaduan dari budaya Cina dan Melayu ini populer di Malaysia, namun juga dapat ditemukan di Indonesia dan Singapura. Kuliner perpaduan antara mie Cina dan kari Asia Tenggara ini masuk dalam kelompok hidangan populer yang memiliki banyak variasi bahkan terus menerus berkembang. Mana yang asli dan … Read more

Laksa kari adalah mie dengan kuah pedas–biasanya merupakan kari. Kuliner perpaduan dari budaya Cina dan Melayu ini populer di Malaysia, namun juga dapat ditemukan di Indonesia dan Singapura.

Kuliner perpaduan antara mie Cina dan kari Asia Tenggara ini masuk dalam kelompok hidangan populer yang memiliki banyak variasi bahkan terus menerus berkembang. Mana yang asli dan paling enak? Tentu saja setiap orang berhak mengklaim Laksa “versi kampung halamannya” adalah yang asli dan terbaik.

Asal usul istilah “laksa” sendiri masih belum dapat dipastikan dengan jelas. Ada yang beranggapan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Persia “Lakshah” yang mengacu pada jenis bihun, anggapan lainnya mengatakan bahwa kata tersebut dari bahasa Sanskerta “Lakshas” yang berarti “seratus ribu”.

Dari beberapa pendapat, yang paling banyak dirujuk adalah bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Cina (Kanton: [lɐt.sáː]) yang berarti “pasir pedas”–mengacu pada taburan bubuk udang kering yang memberikan tekstur seperti pasir.

Tipe Laksa di Malaysia

Ada dua tipe dasar dari laksa: laksa kari dan laksa asam. Laksa kari merupakan kuah kari bersantan dengan mie, sementara laksa asam adalah sup ikan asam pedas dengan mie berbahan beras.

Di bagian utara Malaysia, hidangan ini juga disebut Curry Mee (Penang Curry Mee) untuk membedakan dari laksa asam yang berbahan dasar sup ikan pedas–dengan aroma yang tajam.

Penang Curry Mee dari Malaysia merupakan variasi dari Curry Laksa yang populer di Asia Tenggara. Mie yang paling sering dan umum digunakan dalam Curry Mee ini adalah bihun tipis (bee hoon) atau mie kuning (mee hoon).

Laksa kari adalah sup kari berbasis kelapa.Bahan utama untuk laksa kari selain Mie adalah kacang puff curd, ikan, udang, dan kerang.

Untuk masyarakat Tionghoa Malaysia–yang bukan beragama Islam, Curry Mee mereka dalam sajiannya juga menggunakan darah babi beku yang dipotong-potong–tapi jangan beranggapan semua laksa menggunakannya.

Laksa umumnya disajikan dengan sesendok sambal–atau beberapa sendok sesuai selera, di atasnya biasanya dihiasi dengan ketumbar Vietnam, atau daun laksa yang dikenal dalam bahasa Melayu sebagai daun kesum.

Laksa kari akan benar-benar memanjakan lidah dan hidung anda. Siapkan segelas air putih sebelum menyantap Laksa karena selain cukup pedas, Anda pasti tidak ingin meninggalkan apa yang sedang Anda santap itu, walau sesaat.