traveldraft

Nasi Kerabu; Nasi Biru Nan Khas Melayu

Nasi kerabu adalah hidangan tradisional khas Melayu dengan berasnya yang berwarna biru. Selain nasi birunya itu, hidangan yang populer di Malaysia ini juga menyertakan berbagai lauk dan campuran sayuran segar.

PublishedSeptember 29, 2016

byDgraft Outline

Nasi Kerabu
Image by amrufm / Flickr

Nasi Kerabu digadangkan termasuk hidangan yang sangat sehat. Kuliner yang menjadi hidangan khas ini memang menyajikan banyak irisan sayuran. Selain itu, ada proses panjang dalam membuatnya, maka dari itu tidak sembarangan yang bisa menyajikan.

Warna biru pada nasi kerabu berasal dari bunga telang ( Clitoria ternatea ), digunakan ketika merendam beras sebelum ditanak. Bunga yang memiliki warna biru mencolok tersebut juga digunakan untuk memberi warna dalam hidangan lainnya seperti pulut tatai juga nyonya kuih.

Dalam banyak resep, ikan yang digunakan untuk nasi kerabu adalah jenis mackerel. Secara tradisional, ikan mackerel akan dipanggang dan dipipihkan sebelum digoreng bersama-sama dengan kelapa parut yang kemudian dicampur jahe dan bawang merah.

Gula dan garam sebagai penambah rasa ditambahkan sesuai kebutuhan dalam campuran tersebut.

Selain dengan ikan, nasi kerabu biasanya akan disajikan dengan keropok (umumnya kerupuk udang), telur masin (telur asin yang lebih dulu direbus), solok lada (sambal bumbu cabai), juga ada ikan goreng tepung, daging sapi, dan kadang juga ayam goreng.

Unsur-unsur lain dari nasi kerabu adalah saus manis dan asin yang berbahan santan kelapa, juga meliputi sejumlah sayuran dan berbagai bumbu yang biasa digunakan dalam masakan-masakan di Asia Tenggara.

Dalam banyak resep, saus santan sepertinya memang merupakan hal yang ‘wajib’ ada. Bahan-bahan lain yang biasanya digunakan untuk membuat saus adalah bawang merah, cabai kering dan serai. Jika mau, dapat lah dikombinasikan dengan susu sebelum diberi garam dan gula.

Selayaknya masakan Asia, Kerabu juga kaya bahan-bahan herbal dan rempah-rempah. Ada ketumbar, jahe dan kunyit (sebagai alternatif). Sepertinya beberapa resep akan menambahkan kecap ikan dalam sajiannya.

Pelengkap lainnya yang harus ada adalah sayuran seperti mentimun, dan kacang-kacangan–seperti kacang pelari, kol, toge, kubis, juga ada Tomat. Sepintas hidangan ini memang terlihat seperti nasi biru dengan banyak salad karena tumpukan sayuran segar.

Racikan berbahan dasar parutan kelapa adalah ciri utama yang tak pernah ketinggalan. Untuk menambah sensasi rasa, sambal dengan perasan air lemon, daun mint, dan daun kemangi termasuk penting.

Nasi kerabu sebagai kuliner khas nan sehat ini dapat ditemukan di banyak tempat. Terutama tempat-tempat makan di Malaysia sudah banyak yang siap sedia menyajikannya, utamanya di Penang dan Kelantan. Jika Anda ingin menikmati kuliner satu ini, bersama keluarga adalah pilihan yang tepat.