traveldraft

Sajian Espresso dari Beberapa Negara

Espresso, latte, cappuccino, macchiato–jenis sajian kopi tersebut pastilah sudah sangat familiar dan bahkan sudah menjadi standar di sebagian besar cafe atau kedai kopi. Namun, pernahkah Anda mencoba untuk menikmati sajian espresso dengan cara yang lain?

PublishedJanuary 28, 2017

byDgraft Outline

Sajian Espresso

Bagi Anda yang mencari alternatif mungkin sajian-sajian kopi berikut, bisa menjadi alternatif Anda dalam menikmati espresso yang bisa dipraktekan di rumah, jika bosan dengan cara penyajian kopi yang itu-itu saja.

Sajian Espresso USA; Americano dan Breve

Untuk Americano, espresso dituangkan ke dalam cangkir latte atau mug kopi biasa dan tambahkan air panas sesuai dengan tingkat kepekatan yang diinginkan. Proporsi dalam Americano bervariasi dari 1: 1 sampai 1:16, tergantung pada espresso.

Breve adalah sajian espresso dengan campuran whipped cream, dengan susu. Kandungan krim yang tinggi menghasilkan busa tebal yang bisa dituangkan di atas espresso. Proporsi untuk breve a adalah 1/3 espresso; 1/3 susu yang dicampur krim, 1/3 foam yang terbuat dari susu dan krim.

Sajian Espresso Austria; Caffe Viennese

Kadang-kadang disebut cafe Viennois, Caffe Viennese sebetulnya mirip dengan Breve merupakan sajian espresso yang dipadukan dengan susu dan whipped cream. Proporsi untuk membuat Caffe Wina: 1/3 espresso, 1/3 susu, 1/3 whipped cream.

Espresso Kuba; Cortadito dan Cafe Cubano

Cortadito mirip dengan macchiato: sajian espresso yang dicampur dengan sedikit susu hangat. Proporsi untuk kopi untuk proporsi susu untuk cortadito umumnya 1: 1, meskipun beberapa tempat menambahkan lebih banyak susu.

Cortadito tradisional memiliki busa susu yang sangat sedikit, tapi di AS, cortadito tersaji dengan busa berlimpah yang biasanya digunakan barista untuk membuat latte art di atasnya.

Cafe cubano variasi espresso yang dicampur dengan gula merah. Untuk membuat cubano, Anda dapat mencampurkan 1-2 sendok teh gula ke bagian bawah cangkir kemudian tambahkan espresso ke dalam cangkir.

Espresso Portugal; Galao

Galao sebenarnya sebutan Portugis untuk Latte. Dalam Galao perbandingan espresso dan susu adalah 1:3. Tahapan membuat Galao yakni memanaskan susu hingga mendidih dalam panci kecil, kemudian larutkan gula ke dalam susu, terakhir tuangkan espresso dan susu ke dalam gelas.

Espresso Australia; Long Black dan Flat White

Seperti Americano, Long Black dibuat dengan espresso dan air panas, tapi untuk Long Black, Anda baiknya menambahkan espresso untuk air panas bukan sebaliknya. Menambahkan espresso secangkir air panas bisa mempertahankan crema untuk rasa yang lebih kaya.

Flat White yang “otentik” dibuat dengan susu murni yang diabiarkan menjadi foam untuk kemudian dituangkan di atas espresso. Perbandingan antara kopi dan susu dalam pembuatan Flat White adalah 1: 1.

Sajian Espresso Italia; Affogato dan Romano

Affogato adalah sajian Espresso yang cukup sederhana. Satu sendok ice cream vanilla ke dalam gelas atau mangkuk, kemudian espresso dituangkan di atasnya.

Kopi dengan sepotong lemon? Mungkin tampak sebuah konsep yang tak biasa. Namun, hal itu merupakan hal yang lazim lama dilakukan oleh barista di Italia dan Spanyol jika anda memesan Espresso Romano; secangkir kopi yang dicampur dengan irisan lemon.

Di Italia, minuman ini merupakan salah satu varian dari espresso. Di Spanyol, kopi ini biasanya disajikan dengan es batu—namanya cafe del tiempo.