Image by Karl Gruber / wikicommons
Categories Traveldraft

Kurtoskalacs; Kue Cerobong Asap dari Hungaria

Kurtoskalacs (kürtőskalács) adalah sajian kue yang berasal dari Hungaria. Kue yang dibentuk dengan cara melilitkan adonan pada tongkat khusus itu diolesi mentega dan ditaburi gula pasir untuk kemudian diputar-putar di

Kurtoskalacs (kürtőskalács) adalah sajian kue yang berasal dari Hungaria. Kue yang dibentuk dengan cara melilitkan adonan pada tongkat khusus itu diolesi mentega dan ditaburi gula pasir untuk kemudian diputar-putar di atas bara panggangan.

Kurtoskalacs disebut juga chimney cake karena bentuknya yang seperti cerobong asap, sesekali terlihat mengepulkan asap layaknya cerobong yang kepanasan.

Kue ini telah dikenal sejak abad pertengahan dan sudah populer di kalangan bangsawan Hungaria pada abad ke-18. Di abad yang sama, Kurtoskalacs sangatlah populer di seluruh wilayah berbahasa Hungaria, sebagai elemen kuliner yang mampu mendefinisikan dan mewakili masakan perkotaan dan pedesaan.

Kurtoskalacs Budapest Hungaria
Image by Karl Gruber / wikicommons

Sebagai dampak dari urbanisasi pada awal abad ke-20, perlahan keberadaan Kurtoskalacs mulai digantikan oleh kue yang lebih baru.

Namun di pinggiran timur daerah yang berbahasa Hungaria, di Szeklerland misalnya, kürtőskalács tetap menjadi bagian dari tradisi budaya yang selalu dijaga–kürtőskalács pun menjadi kue yang wajib dalam menu pernikahan Transylvania.

Dari tahun 1989, Kurtoskalacs telah menjadi kudapan tradisional yang ditawarkan kepada wisatawan Hungaria yang mengunjungi desa-desa Szekler. Inilah yang menjadikan Szeklerland dan Transylvania memiliki citra yang baik jika Anda ingin menikmati Kurtoskalacs yang khas.

Tradisi kuliner yang sebelumnya hanya dipelihara di komunitas pedesaan Szekler, secara bertahap menemukan jalan kembali untuk dikenal secara luas ke seluruh wilayah Hungaria, terutama karena pariwisata.

Pada pertengahan tahun 1990-an, Kurtoskalacs menjadi populer di sebagian besar kota di Hungaria dan wisatawan yang berkunjung ke Hungaria, umumnya mereka sangat terkesan dengan kue yang cantik dan manis ini terutama karena bentuk dan cara memasaknya.

Kurtoskalacs
Image by Top Budapest / Flickr

Hubungan antar etnis serta dinamika kekuasaan antara daerah dan pusat dari Hungaria, tampaknya telah memberikan kontribusi terhadap penyebaran Kurtoskalacs sebagai identitas budaya.

Selanjutnya, usaha terus-menerus untuk mempertahankan keberadaan kue tradisional ini, kini menjadikannya sebagai bagian dari keragaman budaya di dunia.

Kurtoskalacs pun menyebar ke berbagai negara. Meskipun kini banyak varian yang terus berkembang, namun tetap saja versi tradisional yang berkembang di Szeklerland menjadi varian yang paling diminati, baik oleh penduduk, maupun pengunjung .

Kürtőskalác ini akan lebih mudah ditemukan di kota-kota besar di Hungaria. Di Budapest dan di pusat keramaian kotanya, kue ini tidak pernah Absen dari deretan street food .