traveldraft

Turkish Coffee; Metode Penyajian Kopi Ala Turki

Turkish Coffee bukan nama jenis kopi. Turkish Coffee adalah cara atau metode dalam menyajikan kopi. Oleh karena itu, tidak ada jenis khusus untuk biji kopi jika anda hendak membuatan Turkish Coffee.

PublishedJanuary 12, 2017

byDgraft Outline

Turkish Coffee
Image by Isa Tatlısu

Biji kopi Turki biasanya dihaluskan sehalus mungkin sehingga bubuk kopi dalam pembuatan Turkish Coffee ini konon merupakan bubuk kopi terhalus dan terbaik dibandingkan bubuk kopi yang lain– grinding kopi dilakukan dengan menggunakan penggiling kopi tradisional Turki.

Seperti jenis kopi lainnya, kopi terbaik Turki terbuat dari biji kopi segar yang dipanggang terlebih dahulu sebelum menyeduhnya.

Metode Turkish Coffee terdiri dari tahap merendam ampas kopi dalam air atau susu—yang biasanya panas, tapi tidak mendidih. Waktu merendam cukup lama untuk melarutkan senyawa flavoursome.

Sementara, mendidihkan kopi dalam waktu yang terlalu lama akan mengurangi rasa terbaik dari kopi tersebut, kopi yang dipanaskan dengan waktu singkat dan suhu yang sesuai akan menghasilkan rasa kopi yang baik.

Jumlah air dingin yang diperlukan dapat diukur dalam jumlah cangkir demitasse (sekitar 3 ons atau 90 ml) dicampur dengan satu dan dua (sendok teh) kopi per cangkir.

Di Turki, tedapat empat tingkatan rasa manis dalam minuman kopi. Istilah Turki dalam tingkat rasa manis kopi adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Turkish Coffee

Anda akan perlu menyiapkan panci atau pot khusus Turkish Coffee (jika ada), sendok, gula dan kopi yang telah digiling menjadi bubuk halus. Meskipun sebagian besar orang menggunakan biji kopi Arabika, namun Anda boleh menggunakan kopi jenis apa pun sesuai selera Anda.

Tahap pembuatan: