Copyright © 2019 DGRAFT Media Stories. All rights reserved.
    Connecting Stories
    Connecting Stories
Traveldraft Travel Guide
Experience

Praha

Last updated on :

Selama 1100 tahun keberadaannya, kota tua Praha telah menjadi ensemble bagi seni arsitektur lintas generasi dan mentalitas budaya perkotaan. Praha tidak hanya sekedar kota yang memiliki banyak museum, Praha adalah museum itu sendiri.

Explore Europe / Czech Republic
Scroll Down

Prague (praha; dalam bahasa Ceko) selama 1100 tahun keberadaannya, telah menjadi ensemble arsitektur dan budaya perkotaan. Pada kedua tepi Sungai Vltava kita disuguhi arsitektur lintas generasi, untuk Seni, dan mentalitas manusia Eropa.

Praha, ibu kota dan kota terbesar Czechia (Republik Ceko). Di awal abad pertengahan, kota tua ini adalah salah satu pusat pengetahuan bagi Eropa. Kekayaan tradisi arsitektur dan artistik Praha diakui menjadi model utama untuk pembangunan perkotaan hampir di sebagian besar Eropa tengah dan timur.

Praha banyak bercerita tentang pengaruh arsitektur dan pengembangan budaya di Eropa, khususnya pada pengaruh formatif. Hal ini telah menarik arsitek dan seniman dari seluruh Eropa hingga banyak dari mereka berkontribusi pada unsur artistik-nya. Praha dikenal sebagai kota terpelajar. Reputasi yang terawetkan sampai hari ini.

Juga sebagai kota metropolis budaya, Praha terhubung dengan nama yang menonjol dalam seni, ilmu pengetahuan, dan politik, seperti Charles IV, Petr parler, Jan Hus, Johannes Kepler, Wolfgang Amadeus Mozart, Franz Kafka, Antonín Dvořák, Albert Einstein, Edvard Beneš, Václav Havel dan Rainer Maria Rilke—mereka menyebut Praha sebagai rumah.

Lebih Dekat dengan Kota Seratus Menara

Seperti dahulu, Praha hari ini juga tetap merupakan pusat pengetahuan dunia yang cukup menonjol. Pada kedua tepi Sungai Vltava kita disuguhi arsitektur lintas generasi, untuk Seni, Budaya dan mentalitas manusia Eropa.

Traveldraft / August 2, 2019

History and Heritage

Memasuki lorong waktu arsitektur dan sejarah Praha

Praha dengan monumen dan bangunan megah abad ke-14 menawarkan pusat bersejarah yang terpelihara dengan baik di Eropa. Di jantung kota Praha, Grand-scale asli dari awal Abad Pertengahan tetap menjadi panduan pertumbuhan dan perubahan.

Struktur kota Praha pada dasarnya adalah komposisi ruang perkotaan periode Gothic (abad ke-14 dan ke-15) dengan penambahan yang signifikan selama periode keemasan Baroque di abad ke-18, Renaisans dan Romantic abad ke-19.

Kota ini benar-benar kaya akan monumen megah yang menyimpan sejarah. Kawasan yang dikenal sebagai “Historic Center”, digagas oleh Kaisar Charles IV, bahkan disebut sebagai manifestasi terbaik untuk arsitektur dan urbanisme Medival.

Prague Castle, Katedral St Vitus, Hradcany Castle, Wallenstein Palace (Valdštejnský palác), dan juga jembatan gaya Gothic; Charles Bridge adalah deretan yang paling terkenal.

Saat menyusuri jalan kudus, ada Rotunda bergaya Romantic; di Old Town Square rumah-rumah beratap Gothic, monumen dan Gereja dengan hiasan dan ornamen yang artistik.

Charles Bridge
Charles Bridge
Prague’s signature landmark
Location:
Karlův most, 110 00 Praha 1,
Czechia
Admission Fee: No
Contact:
No Closing Hours
Vyšehrad Citadel
Vyšehrad Citadel
Archaeological Site
Location:
K Rotundě 100/10, 128 00 Praha 2,
Czechia
Admission Fee:
Contact: +420 224 911 353
No Closing Hours
Prague Castle
Prague Castle
Castle Complex
Location:
Hradčany, 119 08 Praha 1,
Czechia
Admission Fee: Optional
Contact: +420 224 373 368
Open Daily from 9:00 a.m
Nový Svět
Nový Svět Quarter
Medieval Bohemian Village
Location:
Hradčany, 118 00 Praha 1,
Czechia
Admission Fee: No
Contact:
No Closing Hours
Staroměstské Náměstí
Staroměstské Náměstí
Old Town Square
Location:
Staroměstské nám, 110 00 Josefov,
Czechia
Admission Fee: Optional
Contact: +420 221 714 444
No Closing Hours
Josefov
Josefov
Jewish Quarter
Location:
Široká, 110 00 Josefov,
Czechia
Admission Fee: Optional
Contact: +420 222 749 211
Museum Open from 9:00 a.m
Situs Sejarah dan Heritage

Ada berita baik bagi mereka yang mencari situs Warisan Dunia UNESCO: Anda tidak perlu pergi jauh dari kota Praha untuk menemukannya. Faktanya, seluruh pusat Praha yang terletak di kedua sisi sungai Vltava mendapat status terlindungi oleh UNESCO dari tahun 1992.

Charles Beidge adalah jembatan batu berusia 600 tahun yang diapit 30 patung-patung Baroque. Datanglah sepagi mungkin atau malam hari ketika jumlah orang di atasnya tidak terlalu sesak. Sempatkan mengunjungi towernya untuk menikmati Jembatan charles lebih leluasa; Terdapat museum . Buka dari jam 9 pagi, Admission Fee +420 724 379 677.

Vyšehrad Citadel yang jarang dikunjungi adalah bangunan arkeologis penting di Praha. Pada abad ke-8 dan wilayah ini pernah menjadi kediaman para penguasa awal Bohemia. Walaupun saat ini sebagian besar merupakan reruntuhan, kita akan disuguhi taman yang cantik dengan beberapa bangunan Gothic. Di sini juga ada rotunda tertua Praha yang berasal dari abad ke-11.

Prague Castle adalah kompleks yang luas, biasa dianggap sebagai kompleks kastil terbesar di dunia. Pernah menjadi kediaman raja-raja Bohemian dan rumah Kaisar Romawi Suci Rudolf II. Sisakan banyak waktu untuk melihat semuanya; Istana Kerajaan Lama, Katedral St. Vitus, gargoyle, dan taman-taman indah dengan pemandangan ke segala arah.

Staromestske Namesti atau Alun-Alun Kota Tua menjadi ruang publik paling mempesona di Eropa. Dinaungi oleh konpeksi bangunan Gothic dan Baroque. Jangan lewatkan Balai Kota Tua dan Jam Astronomi yang berdentang dengan mekanisme yang rumit. Dari sini, Menara kembar Gereja Tyne terbit dari balik deretan rumah-rumah kecil bergaya Renaisans.

Situs Budaya

Novy Svet tersembunyi di belakang kastil Praha. Suasananya yang tenang dan benar-benar tidak bisa dibayangkan bahwa tempat ini jaraknya hanya beberapa ratus meter dari keramaian. Menikmati pemandangan desa Bohemia abad pertengahan cocok untuk beristirahat dan berinteraksi dengan warga sekitar.

Jewish Quarter (Josefov) menceritakan kisah delapan abad kehidupan Yahudi di kota praha yang secara tragis dipersingkat oleh pendudukan Nazi selama Perang Dunia II. Namun, lima sinagog yang masih berdiri, museum dan Pemakaman Yahudi Kuno, bukanlah situs Holocaust. Di Josefov anda bisa melihat sejarah dan budaya kehidupan Yahudi abad pertengahan.

Nature and Wildlife

Sungai yang membelah Czechia juga kota Praha, Vltava, menjadi habitat alami ang-sa cantik. Temukan keriuhan mereka dengan menyusuri jalan Cihelná di utara dari Jembatan Charles hingga sungai Malá Strana. Angsa menawan akan terlihat luar biasa ketika difoto dengan dilatari jembatan. Cara terbaik untuk menikmati Sungai Vltava yang berliku adalah dengan bersepeda.

Letná Park, sebagian alami, sebagian ditata manusia. Pemandangan dari sini menerabas jembatan charles hingga menara-menara Kota Tua Praha. Dari tebing di Letná Park, naiklah ke bagian atas dan nikmati kemegahan pemandangan yang menyapu kota praha dari kejauhan.

Sebelah utara Kota Tua Staroměstské Náměstí terbentang bekas lahan yang dahulu merupakan tempat keluarga kerajaan berburu, Stromovka. Taman hijau terbesar di pusat kota ini memiliki kolam, taman bermain, jalur hiking, hingga perahu feri yang akan mengantar kita hingga kebun binatang Praha.

Divoká Šárka juga bisa menjadi pilihan untuk aktivitas di luar ruangan, cagar alam yang hanya berjarak beberapa menit dengan trem dari pusat kota.

Smetana Hall at the Municipal House (Obecní Dum), Praha | Prague Symphony Orchestra
Image by Ben Skála, Benfoto / wikicommons

Culture and Identity

Budaya dan identitas tuan Rumah

Praha tua yang indah bukan hanya tempat wisata, ada lebih dari 1 juta orang yang memanggil Praha sebagai rumah. Praha juga bukan sekedar bangunan tua, kota ini aktif menawarkan panorama, atraksi dan aktivitas budaya.

Mengunjungi Praha di musim semi hingga hari-hari terakhir musim gugur, wisatawan akan disugi banyak pertunjukan. Dari atraksi jalanan, konser, pameran hingga karnaval.

Celebration Music and Events

The Prague Spring Music Festival yang diadakan selama tiga minggu di bulan Mei dianggap sebagai puncak dari kalender budaya Praha. Tidak hanya orkestra musik klasik dari seluruh dunia, tetapi juga jazz dan musik modern yang kerap mengundang musisi paling bergengsi. Awal bulan Juni, ada Prague Fringe Festival, perayaan sepekan untuk seni pertunjukan; dari teater hingga tarian.

The Dvořák Prague Festival di September dan the Strings of Autumn sebulan kemudian. Festival cahaya walaupun kebaruan kini menjadi pilihan. Diadakan selama akhir pekan di musim gugur, menampilkan pertunjukan cahaya dan musik di pusat bangunan bersejarah kota.

Bar and Beer

Praguers (orang Praha) menganggap minum bir bukan sebagai hobi, tetapi culture. Orang Ceko sangat bangga dengan bir mereka, mungkin itu sebabnya mereka minum lebih banyak bir daripada negara mana pun di Bumi. Jika Anda bertanya-tanya bar atau pub di Praha, Anda akan sering mendengar jawaban “hanya beberapa meter”.

Golden Tiger (U Zlatého tygra) adalah yang terkenal dan favorit lokal, anda bisa mencoba keberuntungan untuk masuk ke tempat yang tidak pernah sepi ini. The Black Ox (U Černého vola), dekat Prague Castle yang menyajikan bir asli Praha dan lebih ramah untuk waktu wisatawan. Selain beverage, bir juga menjadi beberapa bahan produk lainnya di Ceko.

Food and Delicay

Orang Ceko menyukai makanan sederhana yang dihidangkan dengan baik. Daging babi panggang adalah kelezatan nasional, disajikan dengan roti dan asinan kubis. Svíčkovánasmetaně adalah sirloin daging sapi dengan saus krim dan disajikan dengan pangsit, sesendok cranberry, dan seiris lemon.

Untuk acara malam yang mewah, anda bisa pergi ke Sansho atau Field, dua restoran terbaik di kota. Restoran-restoran seperti Augustine Restaurant dan La Degustation berada di ujung jalan utama, menghidangkan makanan tradisional Ceko seperti ayam, daging sapi muda, dan kelinci.

Café Imperial adalah tempat favorit untuk sarapan, dan Tlustá Koala adalah tempat untuk makan larut malam. Anda bisa berjalan-jalan di Krymská Corso. Penduduk setempat menyebut jalur Krymská ini sebagai “Berlin Kecil.” Jajaran kafe dan toko di sini terasa segar.

Sebagai camilan mengenyangkan coba chlebičky, sandwich sekali lahap yang jarang berharga lebih dari satu dolar. Untuk minuman, pilihannya mudah, Bir. Apakah seseorang berasal dari Praha atau bukan tergantung bagaimana ia memesan velké pivo (segelas bir besar).

Bagaimana Praguers Menikmati Praha?

Penduduk setempat umumnya menghindari zona wisata yang penuh sesak terutama di pusat kota Praha. Mereka menukarnya dengan pemandangan Žizkov dari Parukářka Park, Vinohrady, dan Vršovice atau jika ingin melihat kota tua, mereka naik Pet fromín Hill yang romantis.

Travel Guide Praha
Image by Alexey Komarov / wikicommons

Top Tips Before Visit Prague

Waktu terbaik mengunjungi Praha

Musim semi dan musim gugur adalah waktu terbaik dengan sebisa mungkin menghindari masa libur panjang; terutama saat Paskah dimana menjadi puncak keramaian orang berdatangan. Musim panas di Praha udara cukup lembab dan di musim dingin, kota ini terlihat cantik di antara salju yang rintik namun gelap dan dingin.

Praha memiliki reputasi sebagai tuan rumah bagi banyak wisatawan yang datang dari seluruh dunia. Kota ini sibuk sepanjang tahun. Salah satu cara terbaik menghidari keramaian wisatwan lain adalah menjelajahi Kota Tua Praha saat matahari terbit.

Transportation

Praha terus berbenah dengan transportasi. Dikota ini, tidak perlu mobil atau bahkan taksi karena setiap sudut adalah tempat wisata dan beberapa ruas jalan terbatas untuk kendaraan.

Namun anda bisa Naik tram atau metro untuk berpergian; tram memiliki pemandangan yang lebih baik tetapi metro hampir selalu lebih cepat namun punya jam yang sedikit ketat.

Untuk kenyamatan bepergian dengan angkutan umum, beli tiket transportasi minimal untuk 24 jam atau 3 hari. Jika anda memang akan sering menggunakan kendaraan umum, tidak ada salahnya menyiapkan budget untuk tiket sesuai dengan lamanya anda di Praha.

Anda dapat membeli tiket ini di bandara bahkan sebelum memasuki kota, juga dapat membelinya di hampir setiap perhentian transportasi umum.

Buy Entrance Ticket Online

Yang tidak diketahui banyak orang adalah Anda dapat membeli tiket untuk beberapa destinasi secara online terlebih dahulu. Ini tidak hanya menyelamatkan waktu tetapi juga memberi Anda akses di garis depan.

Authentic Souvenirs

Dari Marionettes hingga Garnet adalah yang umum menjadi buah tangan, namun kristal Bohemian akan sangat bernilai. Marionettes bukanlah mainan biasa. Di sini, boneka kayu itu adalah kerajinan tangan para seniman. Boneka-boneka Praha dapat ditemukan di seluruh kota, tetapi beberapa toko terbaik terletak di dekat Jembatan Charles di Kota Tua.

Kristal bohemian adalah jenis kaca tradisional yang dipotong dengan tangan dan diukir di pabrik-pabrik kecil di seluruh Republik. Untuk kristal Bohemian berkualitas tinggi, dapatkan di toko Moser resmi. Pastikan Anda mengunjungi lokakarya boneka Marionettes dan Kristal bohemian untuk melihat atau bahkan mempelajari bagaimana souvenir anda di buat.

Jika anda tidak suka Marionettes, Garnet atau kristal, anda bisa mengunjungi Cihelna Concept Store atau toko souvenirs lainnya untuk membeli cenderamata asli buatan lokal. Apa pun yang Anda pilih, Anda akan meninggalkan Praha dengan suvenir unik.

Worthy Watching Spot

Naik ke puncak bukit Letná, tepat di utara Kota Tua untuk melihat pemandangan kota tua yang menakjubkan terutama saat matahari terbenam dengan bir Ceko dingin di tangan.

Untuk menikmati jembatan Charles Bridge klasik ditambah Kastil Praha dari kejauhan, kunjungilah Smetanovo Embankment (Smetanovo nábřeží), tepat di sebelah selatan Jembatan Charles, di sisi sungai. Matahari terbit di tempat ini mempesona.

Prague and Beyond

Kutná Hora (Sekitar 1 jam dari Praha) layak dikunjungi. Bekas Pusat penambangan perak ini hampir menyaingi Praha dalam kekayaan dan kemewahan arsitektur. Destinasi Kutná Hora paling diminati: Sedlec Ossuary, St Barbara’s Church, Heritage UNESCO Church of the Assumption of Our Lady and Saint John the Baptist, dan masih banyak lagi.

Kota Český Krumlov adalah daftar berikutnya jika anda punya waktu yang tersisa setelah dari Praha. Meskipun cukup jauh dari Praha (180 kilometer), namun sebanding dengan apa yang akan anda lihat. Český adalah kota tua di wilayah Selatan Republik Ceko yang didominasi oleh kastil abad ke-13.

Carlsbad (Karlovy Vary) adalah kota spa dan resort mata air panas yang populer sejak abad ke-19. Arsitektur kota Neo-Renaissance akan menyambut anda. Kujnungi Moser Glass Museum untuk mengeksplorasi sejarah dan loka karya pembuatan Kristal bohemian.

Travel Insurance

Pastikan Asuransi perjalanan Anda komprehensif untuk menutupi pencurian, kehilangan, dan masalah pengeluaran kesehatan di luar negeri.

MENU

Back