Tenun Baduy; Identitas, Dulu dan Sekarang
Published :

Ciri khas orang Baduy yang tinggal di pegunungan Kendeng ini adalah masih kokohnya tradisi yang diwariskan oleh karuhun (nenek moyang) mereka. Bagaimana mereka berladang, memperlakukan alam, dan memperlakukan sesama telah dikukuhkan sebagai sebuah keyakinan yang mencerminkan nilai tradisi dan budaya. Salah satu tradisi yang dinilai masih bertahan adalah cara mereka berbusana dan aktivitas membuat kain dengan cara ditenun; tenun Baduy.

Setiap suku di Indonesia bahkan mempunyai ciri busana khas sendiri. Selain batik yang telah dikenal secara luas, warisan budaya bangsa Indonesia yang menjadi ciri berbusana hadir pada aneka ragam jenis kain tenun yang tersebar di beberapa daerah seperti; Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, juga di beberapa daerah di Bali serta Jawa.

Salah satu tenunan yang terdapat di Pulau Jawa adalah tenun Baduy. Meskipun tidak begitu dikenal seperti kain songket Palembang atau batik Pesisiran. Tenun Baduy ini memiliki kekhasan tersendiri baik dari segi bahan maupun ragam hias yang mendasari pembuatannya.