Suku Melayu Riau, Sejarah dan Suku Bangsa
Published :

Suku Melayu Riau sering mengindikasikan dirinya mengacu pada kerajaan-kerajaan yang ada di daerahnya. Secara sederhana pengertian ini akan menegaskan bahwa anggapan Melayu itu satu dan sama dengan lainnya adalah tidak seluruhnya benar, karena terdapat perbedaan geografis, yang akan menjadi pembeda kehidupan sosial, dan ekonomi antara suku Melayu satu dengan yang lain.

Riau adalah provinsi yang terbagi dalam dua kategori; Riau daratan dan Riau kepulauan. Riau daratan berada dalam pulau Sumatra, sementara Riau kepulauan adalah Provinsi Riau yang berada di kepulauan. Wilayah Kepulauan di provinsi Riau terhitung luas sehingga muncullah istilah “bumi segantang lada” untuk menggambarkan Kepulauan Riau.

Riau, sebelum pemekaran, yang memiliki 1.062 pulau dengan luas 250.162 KM2, sebanyak 95,79% terdiri dari perairan. Sisanya berupa daratan berbukit dengan pantai yang landai. Tanahnya terdiri dari batuan tersier. Maka sangat tidak cocok untuk bercocok tanam. Namun sangat strategis sebagai jalur perekonomian, kaya akan sumber daya alam dan perikanannya.